Home Hukum dan Kriminal Kapolresta Imbau Masyarakat Percayakan Aparat Jaga Kamtibmas

Kapolresta Imbau Masyarakat Percayakan Aparat Jaga Kamtibmas

Kapolres Surakarta Kombes Pol Iriansyah (dok)

Solo, 18/11 (BeritaJateng.Net) – Kepala Kepolisian Resor Kota Surakarta Kombes Pol Iriansyah mengimbau seluruh masyarakat Kota Solo mempercayakan aparat keamanan dalam menjaga keamanan situasi Keamanan dan ketertiban Masyarakat (kamtimas) yang kondusivitas di wilayah Surakarta.

“Kami dibantu Satuan Brimob dan TNI melakukan pengamanan untuk menjaga keamanan di Kota Solo. Masyarakat jangan mudah terprovokasi dengan hasutan dan ajakan orang yang tidak bertanggungjawab,” kata Kapolresta di Solo, Selasa (18/11).

Kapolresta meminta masyarakat segera melaporkan kepada kepolisian terdekat jika menemukan orang-orang menyebarkan provokasi yang dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Mari kita bersama wujudkan kedamaian dan kondusivitas di Kota Solo yang kita banggakan dan cintai,” kata Kapolresta menegaskan disela melakukan langkah antisipasi pengamanan adanya kejadian perusakan oleh massa di beberapa titik di Kota Solo, pada Senin (17/11) hingga Selasa dini hari.

Menurut Kapolresta, pihaknya bersama Brimob yang dibantu anggota TNI terus meningkatkan pengamanan dengan cara rutinitas patroli di beberapa wilayah di Kota Solo.

Anggota yang diturunkan antara lain dari seluruh personel di Polresta Surakarta dan Polsek-Polsek, dibantu 100 orang dari Korem, 100 orang Yonif, 100 orang Kodim serta pasukan asal Polres-Polres se-Solo Raya seperti Boyolali, Sukoharjo, Klaten Karanganyar, Sragen dan Wonogiri.

Sementara aparat dari anggota TNI telah menurunkan kendaraan Panser bersama dua truk pengangkut pasukan bersama Polri melakukan patroli di wilayah Nusukan dan daerah lainnya di Kota Solo. Kondisi hingga saat ini, masih tetap terjaga kondusivitas.

Menurut Kasubag Humas AKP Sis Raniwati, pihaknya dibantu anggota Polres-Polres wilayah terdekat, Brimob dan TNI dalam kejadian perusakan di kawasan Manahan dan Nusukan, telah mampu mengendalikan massa untuk diberikan pengarahan dan dikawal pasukan Dalmas kembali ke daerahnya masing-masing hingga Selasa pagi.

Menurut dia, enam korban dari warga Solo mengalami luka-luka ringan dan dibawa ke Rumah Sakit Brayat Minulya Solo, pada kejadian perusakan tersebut.

Namun, lima korban menjalani rawat jalan, dan satu lainnya yakni Yusi Dika Avanda (19) warga Cemani RT 02 RW 15 Kecamatan Grogol Sukoharjo, masih dirawat di RS.

“Korban kebanyakan mengalami luka robek akibat terkena benda tumpul. Peristiwa itu, tidak sampai ada korban jiwa,” katanya. (ant/pri)