Home Hukum dan Kriminal Kapolda Jateng Koordinasi Dengan Kejakaaan Terkait Eksekusi

Kapolda Jateng Koordinasi Dengan Kejakaaan Terkait Eksekusi

Purwokerto, 29/12 (Beritajateng.net) – Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Inspektur Jenderal Nur Ali mengaku telah berkoordinasi dengan Kejaksaan terkait rencana eksekusi terpidana mati di Pulau Nusakambangan, Cilacap.

“Koordinasi awal sudah ada, tapi kapannya (pelaksanaan eksekusi, red.) silakan tanya sama Kejaksaan,” kata Kapolda kepada wartawan usai menghadiri Upacara Penutupan Pendidikan, Pelantikan, dan Pengambilan Sumpah Siswa Pendidikan dan Pembentukan Brigadir Tugas Umum Polisi Wanita 2014 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Purwokerto, Senin.

Kendati demikian, dia mengatakan bahwa Polda Jateng siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan oleh Kejaksaan dalam pelaksanaan eksekusi di Nusakambangan.

“Kapan saja dari Kejaksaan membutuhkan, kami siap. Mau berapa tim yang dibutuhkan, Polda Jawa Tengah sudah siap kalau Kejaksaan mau mengeksekusi di Nusakambangan, kita juga sudah siap,” tegasnya.

Disinggung mengenai kemungkinan Polda Jateng telah meningkatkan pengamanan di Nusakambangan, dia mengatakan bahwa pengamanan masih berlangsung seperti biasa.

Menurut dia, pengamanan yang selama ini dilakukan di Nusakambangan karena di pulau penjara itu banyak terdapat terpidana kasus terorisme dan narkoba.

“Beberapa waktu lalu, kita operasi di dalam, ada (barang bukti narkoba, red.). Pengamanan tetap dilakukan,” katanya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya terus memantau keamanan Nusakambangan karena pintu untuk keluar maupun masuk ke pulau itu cukup leluasa.

Oleh karena itu, kata dia, pengamanan yang dilakukan personel Polri di Nusakambangan tetap dilakukan. (Ant/BJ)

Advertisements