Home News Update Kapolda Jateng Hadiri Launching Klinik Saka Sasmitra

Kapolda Jateng Hadiri Launching Klinik Saka Sasmitra

Kapolda Jateng Irjen Pol Nur Ali membuka secara resmi Klinik Saka Sasmitra dengan pelepasan balon.
Pemberian santunan bagi anak yang mengikuti khitanan massal di Klinik Saka Sasmitra.
Pemberian santunan bagi anak yang mengikuti khitanan massal di Klinik Saka Sasmitra.

Semarang, 27/2 (BeritaJateng.net) – Kapolda Jateng Irjen Pol Nur Ali secara resmi membuka Klinik Saka Sasmitra dan Apotek K-24 di Kompleks Ruko Saka Square Jalan Kimar – Semarang, Jum’at.

Dalam Grand Opening Klinik tersebut, Kapolda Jateng memberikan apresiasi yang sangat besar dengan berdirinya klinik atas inisiatif enam kumpulan anak-anak muda. Harapannya dengan berdirinya Klinik Saka Sasmitra ini, mampu membantu sesama terhadap warga masyarakat yang kurang mampu.

“Insya Allah ke depannya nanti, kita akan bermitra dengan PBJS dan Rumah Sakit Polda Jawa Tengah,” ujar Kapolda dalam sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapoolda juga memberikan pemikirannya kepada Kabiddokkes Polda Jateng, agar Biddokkes Polda Jateng menerapkan sistem bagi warga masyarakat yang mengambil SIM, (baik A maupun C) untuk memeriksa kesehatannya melalui Dokter Polisi.

“Karena pada kenyataannya, sampai saat ini pemeriksaan kesehatan orang-orang yang mengurus SIM masih sebar-lebar,” tambahnya.

Selain itu lanjut Kapolda, selama ini Dokter Polda Jawa Tengah belum bisa memonitor orang-orang yang mengambil SIM. Sehingga tidak bisa mendeteksi orang-orang yang mengurus SIM karena datanya tidak terintegrasi secara terpadu pada data Kesehatan Biddokkes Polda Jawa Tengah.

“Ini menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Kabiddokkes untuk memikirkan cara agar orang-orang yang sudah mendapat rekomendasi dari Dokter Polda dibuatkan datanya, tetapi disisi lain tidak merugikan para pencari SIM itu sendiri,” pesan Kapolda.

Sementara itu dr Nur Rahman, selaku Direktur CV Sumber Maju mengatakan, dengan dibukanya Klinik Saka Sasmitra ini, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan Klinik, apotik, dan sarana kesehatan yang ada.

“Grand Opening Klinik Saka Sasmitra ini merupakan saat yang tepat sebagai bentuk kepedulian kami kepada masyarakat di sekitar klinik terutama masyarakat yang kurang beruntung yang terganggu kesehatnnya/sedang sakit, dengan menggelar acara khitanan dan pengobatan gratis,” ujar Nur Rahman.

Kegiatan ini lanjut Nur Rahman, juga dapat dijadikan moment sosilisasi akan pelaksanaan Badan penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Klinik ini karena ke depan pihaknya juga akan menerima pasien BPJS.

“Adapun fasilitas pelayanan kesehatan pada Klinik Saka Sasmitra melayani : Pemeriksaan umum, pemeriksaan Gigi, Laboratorium, Rontgen, Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), KB, Khitanan, Suntik Varises dan Apotek,” tambahnya.

Menurut Dokter Selvi, salah satu Dokter dari Rumah Sakit Polda Jawa Tengah yang hadir pada acara pembukaan tersebut juga mengungkapkan bahwa nama Saka Sasmitra diambil dari kata Saka dan Sasmitra. Saka merupakan nama Pabrik obat Saka Farma, karena sebelum klinik ini dibangun, dahulunya tempat ini merupakan tempat pabrik obat milik Saka Farma. Sedangkan Sasmitra berasal dari bahasa sansekerta, yaitu Sas dan Mitra yang berarti 6 kawan.

“Untuk mendirikan suatu klinik kesehatan, harus memiliki CV. Dimotori oleh Dokter Nur Rahman, sekaligus sebagai Direktur CV Sumber Maju, akhirnya dididirikanlah Klinik Saka Sasmitra,” ujar Selvi.

Adapun Fasilitas pelayanan kesehatan pada Klinik Saka Sasmitra menurut Selvi meliputi General Check up (Pelayanan Kesehatan Umum), Kesehatan Kebidanan, seperti : Pelayanan KB, Imunisasi, Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Pemeriksaan Gigi, laboratorium, rontgen, Suntik Varises dan Apotek. (BJ)