Home Headline Kapolda: Delapan Korban Jatuhnya Heli Basarnas Gugur Dalam Tugas

Kapolda: Delapan Korban Jatuhnya Heli Basarnas Gugur Dalam Tugas

Semarang, 3/7 (BeritaJateng.net) – Delapan korban jatuhnya helikopter Basarnas disebut gugur dalam tugas. Sebab, saat kejadian, heli sedang dalam perjalanan ke lokasi meletusnya Kawah Sileri, Dieng, Banjarnegara, yang tak jauh dari Wonosobo.

“Kru dan tim rescue Basarnas jumlah 8 personel, seluruhnya gugur,” tutur Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono di RS Bhayangkara, Semarang, Senin (3/7/2017).

Sebelum menuju Dieng, heli Basarnas ini baru saja melaksanakan tugas memantau arus balik Lebaran di Jalan Tol Gringsing, Batang. Tim kemudian digerakkan untuk memberikan bantuan dalam bencana letusan Kawah Sileri.

“Saya katakan gugur karena beliau mengemban tugas operasi kemanusiaan, Ramadniya, yang bertugas mengevakuasi yang sakit saat pengamanan hari raya dan Ramadan,” ucap Condro.

“Ada kejadian di Wonosobo meletupnya Kawah Sileri. Heli melakukan peninjauan lapangan siapa tahu ada yang diperlukan. Namun nahas, beliau gugur saat perjalanan ke lokasi Kawah Sileri,” katanya.

Condro menyampaikan dukacita atas gugurnya ke-8 tim rescue Basarnas tersebut. Apalagi tim ini ikut tergabung untuk bertugas saat arus mudik dan arus Lebaran bersama Polri dan instansi lainnya.

“Saya menyampaikan rasa turut berduka mendalam dari keluarga besar Polri yang tergabung operasi Ramadniya, baik dari TNI, kelembagaan, dan pemerintah daerah sangat merasa kehilangan. Mudah-mudahan dapat tempat terbaik di sisi Allah, husnul khatimah,” ujar Condro.

Mantan Kakorlantas Polri ini memastikan Polri bersama instansi terkait hingga saat ini masih mengevakuasi badan helikopter yang jatuh di Pegunungan Butak, Temanggung. Proses identifikasi korban sudah selesai dilakukan tim DVI Polda Jateng dan jenazah akan segera diserahkan kepada pihak keluarga.

“Kami akan terus bersama tim Basarnas, KNKT, TNI untuk melanjutkan evakuasi pesawat yang masih di TKP. Setelah ini, rencana pemulangan jenazah untuk diserahkan keluarga,” tutur dia.

Berikut ini identitas korban heli jatuh:

Kru:

1. Kapten Laut (P) Haryanto
2. Kapten Laut (P) Li Solihin
3. Serka Mpu Hari Marsono
4. Peltu LPU Budi Santoso

Tim Basarnas:
1. Maulana Afandi
2. Nyoto Purwanto
3. Budi Resti
4. Catur Bambang Sulistio. (Bj/el)