Kantor DPUPR Kota Magelang Dinobatkan Sebagai Gedung Hemat Energi oleh Kemen ESDM

MAGELANG – Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Magelang mendapatkan penghargaan sebagai Gedung Hemat Energi sub kategori Gedung Baru oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada ajang Penghargaan Subroto Bidang Energi 2023.

“Tahun ini merupakan tahun kedua DPUPR Kota Magelang mendapatkan penghargaan pada ajang Subroto Award, pada 2022 mendapatkan penghargaan kategori Penghematan Energi di Instansi Pemerintah,” kata Kepala DPUPR Kota Magelang Muhamad Syafrudin Kurniawan di Magelang, Selasa.

Penghargaan diberikan oleh Direktur Aneka EBT Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Andriah Feby Misna kepada Kepala DPUPR Kota Magelang Muhamad Syafrudin Kurniawan di Nusa Dua Bali, Senin (30/10).

MS Kurniawan mengungkapkan, mengikuti ajang Perlombaan Subroto Award ini merupakan salah satu bentuk keseriusan Pemerintah Kota Magelang melalui DPUPR untuk mendesain Gedung yang hemat energi. Selain itu membuat manajemen energi yang baik di gedung pemerintah dalam rangka menyukseskan program penghematan energi terhadap isu perubahan iklim dunia.

Kota Magelang, katanya mempunyai manajer energi yang bersertifikat, sehingga dalam setahun dapat membuat program manajemen energi yang efisien, ditambah dengan desain bangunan yang menambah nilai.

Selain itu, Indeks Konsumsi Energi (IKE) kantor DPUPR sangat rendah, juga ada efisiensi lampu dan Air Conditioner (AC).

Dia berharap dengan label sebagai gedung hemat energi dapat menjadi semangat untuk berperilaku hemat dan bijak dalam penggunaan energi, dengan tetap mempertahankan kenyamanan dalam bekerja.

“Hemat bukan menjadikan tidak nyaman, tetapi hemat untuk mengurangi dampak terhadap¬† lingkungan,” katanya.(ant)

Leave a Reply