Home Ekbis Kanada Tawarkan Kerjasama Kembangkan UMKM

Kanada Tawarkan Kerjasama Kembangkan UMKM

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Jakarta, 18/1 (Beritajateng.net) – Kanada menawarkan kerja sama pengembangan usaha mikro kecil menengah di Indonesia dalam bentuk pelatihan dan pendampingan senilai 12 juta dolar AS selama lima tahun.

“Hasil kunjungan The Conference Board of Canada ke Kementerian Koperasi dan UKM pekan lalu menawarkan proyek kerja sama pendampingan dan pelatihan bagi pelaku UMKM di Indonesia senilai 12 juta dolar AS selama 5 tahun,” kata Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Choirul Djamhari di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan proyek kerja sama tersebut mencakup pendampingan, pelatihan UKM, dan perluasan info pasar ekspor yang diharapkan mampu memberikan kepercayaan diri bagi produsen dalam memperluas pemasaran dan jaringan usaha.

Produsen yang dimaksud khususnya mereka yang menghasilkan empat komoditas unggulan yakni kopi, kakao, kerajinan tangan, dan garmen.

“Selain Kanada, nantinya produk itu akan diupayakan menyasar pasar ekspor negara di kawasan Amerika Latin, Eropa Timur, Timur Tengah, dan Afrika Utara,” katanya.

Pada 2013, ekspor Indonesia ke Kanada sebesar Rp14,4 triliun sementara ekspor Kanada ke Indonesia mencapai Rp20,1 triliun.

Choirul mengatakan pihaknya menilai kerja sama strategis itu perlu dikembangkan mengingat Kanada merupakan pasar ekspor yang sangat potensial.

Oleh karena itu, pihaknya sedang terus mengkaji sumber pembiayaan perbankan dan lembaga keuangan nonbank yang tepat untuk sektor UMKM guna meningkatkan kegiatan ekspor empat komoditas unggulan UMKM yakni, kopi, kakao, kerajinan tangan, dan garmen ke pasar Kanada.(ant/bj02)