Home News Update Kampanye Kotak Kosong Oke, Golput Dilarang 

Kampanye Kotak Kosong Oke, Golput Dilarang 

557
Ilustrasi
           KARANGANYAR, 17/1 (BeritaJateng.net) – Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko, menjelaskan, sampai saat ini, belum ada regulasi yang mengatur kampanye untuk pilkada dengan kotak kosong. Namun menurut Sri Handoko sesuai dengan aturan yang ada kotak kosong sah untuk di pilih.
          Sehingga jika ada kelompok masyarakat yang akan mengkampanyekan kotak kosong, hal tersebut tidak dilarang. Namun mesti diingat tidak diijinkan untuk mengajak golput.
           “Pada prinsipnya keberadaan kotak kosong juga sah dan bisa dipilih,” jelas Sri Handoko, di Karanganyar.
           Karena kampanye kotak kosong tidak diatur, maka KPU siap lakukan sosialisasi kepada masyarakat. Hal tersebut pastinya sangat berat karena harus benar-benar bisa bersikap netral. Berbeda jika calonnya ada dua pasang, pihaknya bisa sosialisasikan pilihan pada pasangan terbaik.
           “Jadi tidak mengarah pada gambar paslon ataupun pada kotak kosong,” ungkap Sri Handoko.
          Sebelumnya, hingga hari terakhir penutupan pendaftaran baru, baru ada satu pasangan calon yang mendaftar. Sehingga KPU memperpanjang waktu pendaftarannya. Sehingga tiga hari usai pendaftaran KPU Karanganyar  melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait komposisi peserta pemilu.
           Usai gelar sosialisasi pendaftaran ulang kembali digelar sejak 15-17 Januari 2018. Jika dalam masa perpanjangan ini tetap tidak ada calon lain yang mendaftar prosesnya akan dilanjutkan dengan pemeriksaan lanjutan termasuk melakukan tes kesehatan.
           Sementara itu Kapolres Karanganyar AKBP Henik Maryanto saat dimintai tanggapannya bagaimana nantinya jika ditemui banyak ajakan untuk memilih kotak kosong, pihaknya belum bisa berkomentar banyak.
           “Tunggu saja, ini kan masih perpanjangan pendaftaran, kami masih menunggu KPU, apakah nantinya aka nada satu pasang calon atau tidak. Kita tunggu saja,” pungkasnya. (db/El)