Home News Update Kamabicab Purbalingga Terima Penghargaan Lencana Darma Bakti Pramuka

Kamabicab Purbalingga Terima Penghargaan Lencana Darma Bakti Pramuka

859
Bupati tasdi terima penghargaan pramuka.

Purbalingga, 8/9 (BeritaJateng.net) – Bupati Purbalingga, Tasdi selaku ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) menerima penghargaan Darma Bakti Pramuka dari Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka bersama 6 Ketua Mabicab di Jawa Tengah. Penghargaan tersebut diberikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang sekaligus sebagai Ketua Mabida (Majelis Pembimbing Daerah) Jawa Tengah, Kamis, (8/9).

Kabag Humas Setda, Rusmo Purnomo mengatakan penghargaan yang diterima Bupati Purbalingga merupakan bentuk penghargaan atas prestasi Bupati dalam mengembangkan Gerakan Pramuka. Hal tersebut sesuai dengan hasil keputusan Kwarnas Nomor 175 tahun 2012, dimana gerakan pramuka memberikan tanda jasa kepada seseorang atas pengabdiannya terhadap gerakan pramuka.

“Penghargaan dari Kwarnas juga diberikan bersama 23 penerima penghargaan gerakan pramuka lainnya,” kata Rusmo.

Rusmo menambahkan penghargaan diterimakan di Lapangan Desa Bangsri Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar. Acara tersebut dibarengkan dengan puncak peringatan hari pramuka yang ke 55 tingkat Jawa Tengah. Selain itu juga dilakukan penerimaan estafet tunas kelapa yang datang dari 3 arah di Propinsi Jawa Tengah.

Di waktu yang lain Bupati Purbalingga mengatakan sebagai gerakan pramukan merupakan kegiatan positif dalam rangka menggalang kebersamaan, persaudaraan serta sebagai ajang mengembangkan kreatifitas dan potensi. Selain itu juga gerakan pramuka dapat membentuk mental serta karakter bangsa.

“Gerakan pramukan sampai saat ini masih sesuai dengan perkembangan zaman, walaupun di zaman globalisasi yang penuh dengan kemajuan teknologi,” kata Tasdi.

Dengan membangkitkan kembali semangat gerakan pramuka, Tasdi berharap masyarakat Purbalingga terutama generasi muda semakin berkepribadian luhur. Menjunjung nilai-nilai gotong-royong dan selalu menjaga kerukunan dan kekompakan dalam menghadapi persoalan.

“Gerakan pramuka juga membentuk generasi yang tidah mudah putus asa dan cengeng,” pungkas Tasdi.

Pada kesempatan itu juga diterimakan penghargaan juara 1 Estafet Tunas Kelapa tingkat Jateng tahun 2016 kepada ketua Kwarcab Purbalingga, Trisnanto Sri Hustomo. Kemudian Juara 1 Karya Tulis Ilmiah Jawa Tengah dari SMA Negeri Karangreja kepada Arisatun Manfangati. (BJ33)

Advertisements