Home Lintas Jateng KAI : Seluruh Armada Kereta Siap Layani Mudik Lebaran

KAI : Seluruh Armada Kereta Siap Layani Mudik Lebaran

kai

Semarang, 24/6 (BeritaJateng.net) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang menyatakan semua armada kereta sudah siap melayani penumpang selama masa angkutan Lebaran 2015.

“Untuk persiapan angkutan Lebaran tahun ini tidak jauh berbeda dibanding dengan tahun lalu,” kata Kepala Ruas “Quality Control” Depo Kereta Api Semarang Poncol Deprianso di Semarang, Selasa.

Ia menyebutkan, setiap armada gerbong KA menjalani perawatan rutin secara berkala, yakni P-3 (perawatan setiap tiga bulan), P-6 (enam bulan), dan P-12 (12 bulan).

Pada Juni ini, kata dia, ada sebanyak enam armada yang menjalani P-12, kemudian 16 armada yang menjalani P-6, dan sebanyak 18 armada yang menjalani P-3 di Depo KA Semarang Poncol.

“Dari semua armada yang menjalani perawatan berkala pada bulan ini, sekarang masih kurang empat armada, yakni tiga armada yang menjalani P-3 dan satu armada yang menjalani P-12,” katanya.

Menurut dia, perawatan rutin yang dilakukan terhadap armada KA, meliputi pengecekan rangka bawah, sistem pengereman, sistem kelistrikan, air conditioner (AC), interior, sampai eksterior.

Deprianso mengatakan perawatan rutin diperlukan untuk menjaga peralatan atau armada berada dalam kondisi yang terbaik.

Semua peralatan yang digunakan pasti akan mengalami perubahan kondisi, termasuk armada, kata dia, sehingga diperlukan perawatan atau penyehatan untuk mengembalikan kondisinya seperti semula.

“Yang paling sering diganti adalah blok rem. Ya, karena sering digunakan, (blok rem) cepat habis. Makanya, dalam perawatan ini yang utama dicek adalah sistem pengereman,” katanya.

Untuk Daops IV Semarang, kata dia, total ada sebanyak 103 armada yang dimiliki antara lain armada K3 (ekonomi) sebanyak 57 unit, 19 unit K1 (eksekutif), dan delapan unit kereta pembangkit.

“Dari semua KA yang menjalani perawatan rutin bulan ini, baik P-3, P-6, maupun P-12 kan masih kurang empat armada. Kami akan segera rampungkan. Jadi, semua armada siap untuk Lebaran,” katanya. (Bj05)