Home News Update Kader PDIP Jateng Ikut Tes Ketua PAC

Kader PDIP Jateng Ikut Tes Ketua PAC

pdip

Semarang, 16/1 (BeritaJateng.net) – Ribuan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang ada di Provinsi Jawa Tengah mengikuti tes calon ketua pengurus anak cabang secara bertahap.

“Tes calon ketua PAC ini dibagi menjadi dua gelombang, tes pertama dilaksanakan pada Jumat (16/1) dan diikuti peserta di daerah pemilihan 1, 3, 5, 7, dan 9, sedangkan tes untuk dapil 2, 4, 6, 8, dan 10 berlangsung besok,” kata Sekretaris DPD PDIP Jateng Agustina Wilujeng di Semarang, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa soal tes calon ketua PAC berupa 50 soal pilihan ganda dan 10 soal uraian yang dikerjakan oleh ribuan kader PDIP itu dibuat oleh pengurus alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Jateng.

“Tes pilihan ganda berisi soal-soal berkaitan dengan ideologi kepartaian, sedangkan soal uraian lebih pada menguji kemampuan pengetahuan politik wilayah,” ujarnya.

Menurut dia, seorang kader PDIP dapat menjadi calon ketua PAC jika memenuhi berbagai persyaratan sepert memiliki kartu tanda anggota minimal dua tahun, tidak sedang dikenai sanksi organisasi, dan tidak pernah dicalonkan partai lain pada pemilu legislatif.

“Selain itu, seorang kader harus diusulkan oleh pengurus ranting,” kata perempuan yang saat ini juga tercatat sebagai anggota DPR RI itu.

Hasil tes calin ketua PAC ini, kata dia, akan dikompilasi dengan tahapan lain seperti rapat pleno yang diikuti pengurua DPD untuk memilih tiga nama untuk tiap PAC.

“Nilai tertinggi belum tentu lolos karena menjadi petugas partai tidak cukup hanya pintar, tapi juga harus bisa memimpin, bekerja sama dengan tim, dan jaringannya luas,” ujarnya.

Tes calon ketua PAC untul dapil 1 (Kota Semarang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Semarang, dan Kota Salatiga) dilaksanakan di Gedung Panti Marhaenis, Kota Semarang, dan dari 370 peserta yang terdaftar, terdapat sebanyak 30 orang yang tidak hadir. (Ant/BJ)

Advertisements