Home Ekbis KA Jalur Lintas Selatan Jawa Permudah Distribusi Barang

KA Jalur Lintas Selatan Jawa Permudah Distribusi Barang

image

Semarang, 21/4 (Beritajateng.net)-Kementerian Perhubungan menyatakan pembangunan rel ganda atau double track kereta api jalur lintas selatan Jawa ditarget rampung pada 2016. Selain itu dengan terkoneksi jalur rel kereta api lintas utara, maka pendistribusian barang semakin lancar.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Jawa Tengah Sudjarwanto Dwiatmoko. Menurutnya, dengan adanya koneksi antarlintas utara-selatan di Jawa Tengah proses distribusi barang menjadi lebih cepat. Disamping mengandalkan jalur darat lainnya.

Dia berharap para pengusaha bisa semakin memaksimalkan penggunaan jalur kereta api untuk mengantar barang, sehingga tidak perlu lagi lewat pengangkutan truk. Hal ini juga sebagai salah satu solusi untuk mengurangi beban jalan di jalur pantai utara yang sering dilewati moda angkutan barang.

Diketahui,  Kementerian Perhubungan membutuhkan dana antara Rp 6 triliun sampai Rp 7 triliun untuk membangun jalur double track lintas selatan Jawa. Sementara panjang jalur double track lintas selatan sekitar 620 kilometer dan melintasi Cirebon-Purwokerto-Kutoarjo-Solo-Paron-Kertosono-Surabaya. Saat ini yang baru beroperasi sekitar 196 kilometer. Di antaranya di Cirebon-Prupuk dan Prupuk-Purwokerto 56 kilometer.(BJ23)