Home Nasional KA Ambarawa Ekspres Baru Semarang-Surabaya

KA Ambarawa Ekspres Baru Semarang-Surabaya

KA Ambarawa Ekspres Baru Semarang-Surabaya

Semarang, 4/10 (BeritaJateng.net) – PT. KAI Daop 4 Semarang kembali meluncurkan KA kelas ekonomi baru yakni KA Ambarawa Ekspres dengan tujuan Semarang-Surabaya di Stasiun Poncol Semarang.

KA Ambarawa Ekspres ini mempunyai delapan gerbong kereta kelas ekonomi AC, yang dapat menampung sekitar 640 tempat duduk penumpang, dengan harga tiket berkisar Rp. 80.000,-.

Andika Putranto selaku Eksecutive Vice Presiden PT KAI Daop 4 Semarang, menyampaikan bahwa peluncuran KA Ambarawa dengan tersebut nantinya akan melayani relasi Semarang poncol ke Surabaya pasar Turi.

“Peluncuran KA Ambarawa ini merupakan dalam upaya kami meninkatkan pelayanan pelanggan, yang sebelumnya menggunakan KA Cepu dan mulai hari ini sudah tidak beroperasi. Kami meningkatkan pelayanan yakni diantaranya kecepatan waktu dan pelayanan, sebab di KA Ambarawa ini ada restosinya, jadi para penumpang sudah dapat menikmati makanan disana, yang ingin sarapan pagi sudah dapat kami layani saat ini,” terangnya usai meluncurkan KA Ambarawa di Stasiun Poncol Semarang.

Ia juga menjelaskan nama KA Ambarawa Ekspres sendiri diangkat dari kisah semngat juang para pahlawan yang pantang menyerah dalam memukul mundur pasukan sekutu.

“Berdasarkan sejarah kota Ambarawa tersebut diharapkan spirit perjuangan mereka dapat diaplikasikan pada masa sekarang oleh PT KAI dengan mengedepankan empat pilar utama yakni, Keselamatan, ketepatan waktu, pelayanan, dan kenyamanan lebih baik lagi bagi para pengguna jasa transportasi masal ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kadishub Jateng Satrio menambahkan bahwa dengan adanya peluncuran terbaru KA Ambarawa jurusan Semarang-Surabaya dapat memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat menengah, yang saat ini cukup banyak peminatnya.

“Daya beli masyarakat menengah untuk naik transportasi kereta api saat ini sangat banyak, dengan harapan masyarakat kota Semarang yang bekerja di Surabaya atau sebaliknya mampu melakukan perjalanan dengan transportasi baru KA Ambara ini. Dan kereta ini kapasitasnya sekitar dua kali dari KA Cepu yang mulai hari ini sudah tidak beroperasi,” ungkap Kepala Dishub Jateng.

Satrio juga mengatakan bahwa dengan adanya penambahan KA Ambarawa ini merupakan hal yang sangat baik bagi pemerintah, karena angkutan masal ini arahnya kedepan dapat mengurangi penggunaan angkutan kendaraan bermotor, sehingga dapat mengurangi arus kemacetan di daerah pantura timur. (BJ06)

Advertisements