Home News Update Jumlah Pendaftar Tamtama Tak Sebanyak Bintara

Jumlah Pendaftar Tamtama Tak Sebanyak Bintara

4927

Semarang, 5/1 (BeritaJateng.net) – Minat masyarakat terhadap penerimaan anggota Tamtama PK (Prajurit Karir) , Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut, diakui Kapten Laut Heri Suyatno selaku Pasminlog Lanal Semarang sedikit menurun.

Menurutnya, penurunan itu dikarenakan masyarakat saat ini sudah mengetahui akan jenjang karir yang didapat dari seorang Tamtama berbeda dibanding dengan Bintara.

Sehingga, soal penerimaan Tamtama PK TNI AL ini, dikatakan heri wajar apabila jumlah pendaftarnya tak sebanyak saat pendaftaraan calon Bintara.

“Jumlah pendaftar Tamtama memang tidak sebanyak Bintara. Untuk kali ini jumlah pendaftar Tamtama ada 454, sedangkan Bintara terakhir dibuka bisa mencapai 900an pendaftar,” kata Heri Suyatno, saat ditemuai BeritaJateng.net di ruangannya, Selasa (5/1).

Namun demikian, ratusan pendaftar yang mengikuti proses seleksi Tamtama PK di Lanal Semarang terlihat begitu semangat dan antusias. Hal itu tercermin saat seluruh calon pendaftar, diberi arahan langsung oleh Komandan Pangkalan TNI AL (DanLanal) Semarang, Kolonel Laut (P) Elka Setyawan di halaman Pangkalan TNI AL Semarang, Senin (4/1) kemarin.

Pada kesempatan itu, DanLanal Semarang menyampaikan kepada calon pendaftar Tamtama PK TNI AL, bahwa pihaknya akan melakukan proses seleksi ini secara profesional.

“Pertama, siapkan mental, fisik, dan batin untuk menjalani proses seleksi, dan yang kedua Lanal Semarang tidak menerima uang sepeser pun. Saya tidak mau melihat kalian mencoba untuk menyuap kami,” paparnya.

Lebih lanjut, Elka tak segan-segan akan memproses anggota atau timnya yang kedapatan menerima uang dari orang tua calon pendaftar.

“Kalau ketahuan saya, dua-duanya saya proses, termasuk tim yang menyeleksi. Penerimaan kali ini tidak ada yang menggunakan uang. Angkatan Laut memerlukan seseorang yang betul-betul terpilih,” tegasnya. (Bjt02)