Home Headline Jubing Kristianto Berbagi Tips Dasar Bermain Fingerstyle Gitar

Jubing Kristianto Berbagi Tips Dasar Bermain Fingerstyle Gitar

495
Jubing Kristianto Berbagi Tips Dasar Bermain Fingerstyle Gitar

Semarang, 12/11 (BeritaJateng.net) – Gitaris fingerstyle Indonesia Jubing Kristianto hadir dan berbagi ilmu atau coaching clinic di event Future Education Expo 2019 yang digelar Halmahera Music School di Paragon Mall Semarang, Minggu.

Menggunakan gitar klasik sebagai instrumennya, Jubing memukau para penonton Future Education Expo yang hadir melalui gabungan berbagai teknik permainan gitar yang dinamis.

Jubing Kristianto tak hanya dikenal di kancah Nasional saja, ia bahkan telah melalang buana perform di berbagai negara. Di malam pelepasan Kabinet Menteri Jokowi kemarin, Jubing juga ikut perform menghibur para menteri Jokowi periode lalu.

Musisi yang fokus menjadi gitaris fingerstyle ini berbagi ilmu dengan coaching clinic dan berbagi tips-tips bermain gitar fingerstyle. “Pertama kali saya belajar fingerstyle, yakni belajar tangga nada terlebih dahulu. Lima tangga nada dulu cukup, berikutnya melatih bass. Setelah fasih baru digabungkan. Melodi, kita ganti dari tangan nada menjadi kolaborasi ibu jari,” kata Jubing memberi arahan.

Menurutnya, belajar gitar khususnya fingerstyle memerlukan usaha dan tekat yang kuat dari masing-masing musisi. “Perlu ketekunan, kedisiplinan dan intensitas berlatih. Tidak bisa langsung instan, semuanya perlu proses,” katanya.

Menurut Jubing, selain skill dan teknik bermain, kualitas dari kayu gitar juga memiliki pengaruh dalam bermain gitar fingerstyle.

Jubing bahkan memeragakan tehnik clasical gitar. “Kita dilatih untuk bisa memainkan gitar dengan melodi sekaligus. Clasical gitar tidak hanya untuk bermain musik jaman dulu, namun lagu jaman sekarang juga bisa kita mainkan dengan teknik fingerstyle,” imbuhnya.

Jubing bahkan menjadi pengiring musik salah satu murid Halmahera Music School. Ia memainkan lagu burung kakaktua, greensleeves, hingga kopi dangdut. (El)