Home Hukum dan Kriminal Jual Miras Palsu Geong Diamankan Polisi

Jual Miras Palsu Geong Diamankan Polisi

778
Geong sedang praktek pembuatan miras palsu.

Karanganyar, 21/7 (BeritaJateng.net) – Petugas dari Satuan reserse dan kriminal (Sat reskrim) Polres Karanganyar, amankan S alias Geong (47) warga Dukuh Desa Kemiri Kecamatan Kebakramat, Karanganyar yang diduga menjual miras palsu yang dioplos sendiri menyerupai aslinya.

Puluhan botol minuman keras palsu, label untuk miras palsu, juga botol kosong minuman keras dengan merk Vodka, Red Label, Black Label, juga merk Chivas.

Sedangkan campuran miras buatan Geong terdiri dari alkhohol, air, pewarna dan perasa kemudian dikemas dalam botol dan diberi label. Bahannya didapat dari toko bahan kimia. Sedangkan botolnya didapat dari pengepul barang rongsokan.

Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak, didampingi Kasatreskrim AKP Rochmad Ashari dan Kasubaghumas AKP Rochmat saat menggelar jumpa pers mengatakan pelaku mencampur sendiri bahan mirasnya tanpa menggunakan takaran.

“Pelaku belajar mengoplos miras karena sering mengkonsumsi miras sebelumya,” jelas Kapolres Ade Safri di Karanganyar, Kamis (21/7/216).

Pemasaran miras ini selain di wilayah Solo dan sekitarnya juga di pasarkan hingga ke Pemalang. Pemasaran langsung dilakukan S ke warung-warung.

Pelaku ujar Kapolres setiap minggunya sampai dua dus vodka bahkan lebih tergantung pesanan. Mulai berjualan miras palsu pada awal 2015.

“Harganya dijual per dusnya isi 48 Rp.600 ribu. Sedangkan merk Chivas dijual Rp. 60 ribu dan merk Marteen dijual Rp.600 ribu,” lanjut Kapolres Ade.

Pelaku dijerat dengan pasal berlapis, yakni pasal 62 UU No 8 tahun 1999, tentang perlindungan konsumen dengan ancaman 5 tahun penjara serta denda Rp2 miliar, pasal 142 UU No 18 tahun 2012 tentang pangan, dengan hukuman penjara 2 tahun serta denda Rp4 miliar. (Bj24).

Advertisements