Home Headline Jokowi Ternyata Dipengaruhi KIH dalam Mengambil Kebijakan

Jokowi Ternyata Dipengaruhi KIH dalam Mengambil Kebijakan

image
Jokowi

Jakarta, 2/2 (Beritajateng.net) – Politikus PDIP Budiman Sudjatmiko memastikan bahwa Presiden Joko Widodo mendapatkan pengaruh dari partai-partai pendukungnya di Koalisi Indonesia Hebat (KIH), saat mengambil langkah-langkah dalam pemerintahannya.
“Pengaruh, desakan, lobi, persuasi pasti ada. Bohong kalau tidak ada. Tapi itu dalam politik biasa-biasa saja,” ujar Budiman Sudjatmiko saat menjadi pembicara dalam acara paparan survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) terhadap 100 hari pemerintahan Jokowi-JK di Jakarta, Senin.
Budiman mencontohkan dalam pemilihan menteri Kabinet Kerja, Presiden Jokowi telah menetapkan kriteria minimum bagi calon menteri yang diajukan partai politik, yakni tidak terlibat korupsi dan tidak tercatat sebagai pelaku dugaan korupsi di KPK.
diwa.gimpa.edu.gh/wp-content/languages/new/best-essay-service.html

“Hal itu menjelaskan bahwa Jokowi sepenuhnya tidak dikontrol parpol pendukungnya,” tegas Budiman.
Di sisi lain, ketika Jokowi mencoret nama calon menteri yang berasal dari partai politik karena merasa tidak ada kecocokan, padahal nama itu bersih dari daftar KPK, maka bisa saja ada ketua umum partai pendukung memberikan masukan agar calon menteri yang bersih itu dipilih Jokowi.
“Itu contoh kompromi politik dan tentu saja bisa terjadi.
diwa.gimpa.edu.gh/wp-content/languages/new/professional-essay-writing-service.html

Tetapi tetap keputusan final berada di tangan Jokowi,” kata dia.
Budiman menegaskan diperlukan waktu untuk membuktikan bahwa Jokowi bukan presiden boneka layaknya anggapan sejumlah pihak belakangan ini.
diwa.gimpa.edu.gh/wp-content/languages/new/writing-services.html

Menurut dia hal, itu merupakan konsekuensi bagi seorang presiden yang bukan merupakan ketua umum partai.(ant/bj02)