Home Nasional Jokowi Disambut Demo Ratusan Mahasiswa dan Petani

Jokowi Disambut Demo Ratusan Mahasiswa dan Petani

image

Purwokerto, 30/6 (BeritaJateng.net) – Kedatangan Presiden Joko Widodo di Purwokerto, Selasa (30/6) disambut aksi unjuk rasa dari ratusan mahasiswa dan petani. Mereka memprotes banyaknya kebijakan Jokowi yang dinilai tidak pro rakyat dan melenceng jauh dari janji kampanyenya.
           
Ratusan mahasiswa dan petani yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Banyumas (AMB) ini berusaha mendekati lokasi Jokowi, namun dihadang oleh petugas. Sempat terjadi aksi dorong antara massa dengan petugas. Tidak berhasil menerobos barikade petugas, massa akhirnya hanya menggelar orasi di pertigaan tugu Jalan Gatot Soebroto.
           
Dalam orasinya, salah satu mahasiswa, Harifin Nurul Haq mengatakan, sangat kecewa dengan kebijakan Jokowi serta para menterinya yang tidak berpihak pada rakyat. Terutama dalam kasus pengambilalihan Free Port dan Blok Mahakam.
           
“Mana janji mewujudkan kedaulatan negara, kedaulatan sumber daya alam, nyatanya kontrak Freport diperpanjang hingga 2040,” katanya.
           
Menurut Harifin, perpanjangan kontrak tersebut sangat melukai hati rakyat dan menunjukkan bahwa Jokowi dan para menterinya cenderung mengabdi pada neo liberalisme.
           
Dalam aksinya massa juga membawa berbagai poster serta spanduk, antara lain poster wajah Jokowi yang disertai tulisan, ‘No More Lies’, ‘Sakitnya Rakyat Dikhianati’ dan lain-lain.
           
Massa gabungan dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Front Mahasiswa Nasional (FMN) serta Serikat Tani Amanat Penderitaan Rakyat (Stan Ampera) ini juga mendesak agar Jokowi mencabut  Hak Guna Usaha PT Rumpun Sari Antam yang diklaim telah merebut lahan milik petani. (BJ33)