Home Nasional Jokowi akan Hadiri Upacara Prasetya Perwira TNI dan Polri 

Jokowi akan Hadiri Upacara Prasetya Perwira TNI dan Polri 

tri-brata-utama

Semarang, 26/7 (BeritaJateng.net) – Presiden Joko Widodo direncanakan akan hadir sebagai inspektur upacara dalam rangka pelaksanaan upacara Prasta TNI dan Polri tahun 2015, yang akan diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 30 Juli 2015, di Lapangan Bayangkara Kampus Akpol Jl. Sultan Agung No 131 Candi Baru Semarang.

Sedangkan selaku Komandan upacara nantinya Kombes Pol Iswyoto Agoeng, Msi yang merupakan lulusan  Akpol tahun 1988,  yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Korps pembinaan Taruna dan siswa Akpol.

Sebagai cadangan Komandan upacara ada Kolonel Inf I Nyoman Cantiasan, yang merupakan lulusan Akmil 1990, yang kesehariannya sebagai Komandan Resimen Taruna Akmil.

Mayor Jendral TNI Harry Purdianto mengungkapkan, masing-masing Akademi angkatan dan Akademi Kepolisian meluluskan perwira remaja (paja),  yang meliputi Akmil 215, AAL 100, AAU 89 dan AKPOL 389 Perwira.

Menurutnya, Selain memperoleh pangkat Letnan dua (Letda)  dan Inspektur Polisi dua (Ipda) juga akan mendapatkan gelar  S.T Han (Sarjana Terapan Bidang Pertahanan)  dan S.T.K (Sarjana Terapan Kepolisian), yang lama pendidikan mereka tempuh 4 tahun, jelasnya.

“Untuk lulusan terbaik kali ini yang mendapatkan anugerah Adhi Makayasa dari masing-masing Akmil atas nama Letda Inf Angger  Panduyudha, ST. Han,  dari AAL  atas nama Letda Laut  (P)  Adyksa Yudistira, ST. Han. Dari AAU  atas nama Letda Tek Dito Sigit Kuncoro, ST. Han. Dan dari Akpol sendiri  Atas nama Ipda Fauzi Pratama, STK,” ujarnya.

Anugerah Adhi Makayasa sendiri merupakan penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik dari setiap Akademi TNI dan POLRI.

Penerima penghargaan ini  adalah mereka yang secara seimbang mampu menunjukkan prestasi terbaik di tiga aspek yakni Akademis, Kesamaptaan jasmani dan kepribadian atau mental. (MG-3)