Home Ekbis Johar Baru Jadi Pilot Project Pasar Ber SNI di Jateng

Johar Baru Jadi Pilot Project Pasar Ber SNI di Jateng

DPR RI meninjau pembangunan Pasar Johar Baru.
        Semarang, 26/1 (BeritaJateng.net) – Pembangunan pasar Johar Baru bekas pasar Kanjengan saat ini progressnya mencapai 93 persen dan ditargetkan selesai pada tanggal 5 februari nanti.
        Pembangunan pasar senilai Rp. 87 miliar didanai oleh Kementerian Perdagangan ini sebenarnya harus selesai pada akhir tahun 2017 lalu, namun oleh kontraktor dikerjakan sampai selesai dengan konsekuensi denda.
         Meski terlambat, namun pekerjaan fisik pasar johar baru itu mendapat apresiasi dari Anggota Komisi VI DPR RI Bambang Haryo Soekartono saat mengunjungi pekerjaan revitalisasi tersebut, Jumat (26/01/2018).
         Bahkan setelah mendapat penjelasan terkait molornya pekerjaan, Politisi Gerindra ini akan memperjuangkan proses penganggaran selanjutnya di Kementerian Perdagangan agar anggaran dari pusat tidak lagi mundur seperti di tahun 2017.
          “Bangunan ini yang terpenting kurang lantai 3 dan 4 saya akan desak dari Kemendag untuk bisa menyelesaikan anggaran tambahan tuntas. Ini pasar induknya Jateng, harus selesai tuntas. Saya sampaikan kita belum punya pasar SNI di jateng, ini prototipe pasar di jateng harus ada,” ujarnya.
         “Kami di DPR mendukung penuh proses revitalisasi pasar Johar Baru menjadi pasar ber Standar Nasional Indonesia yang ada di Jawa Tengah yang memiliki fasilitas publik yang lengkap. Ini sejurus dengan program pemerintah yang melaksanakan revitalisasi pasar tradisional setiap tahunnya,” imbuhnya.
           Selain itu, Pembangunan Pasar Johar Baru ini juga diminta untuk menjadi Pasar Ber Standar Nasional Indonesia, yakni dalam bangunan tersebut memiliki fasilitas publik seperti tempat penitipan anak, instalasi pemadam kebakaran splintker, Puskesmas dan pusat kuliner.
          “Semua yang berhubungan dengan pemadam kebakaran instalasi air, penitipan bayi juga ada, Bank, Puskesmas, Tempat Hiburan, hingga foodcourt kuliner. Sehingga Pasar ini lebih nyaman dari pada mall, bisa menampung masyarakat menengah kebawah maupun atas,” katanya.
           Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto dalam kesempatan yang sama juga mengatakan setelah pembangunan pasar johar baru selesai, ditargetkan pada pertengahan bulan Februari nanti para pedagang dapat langsung pindah menempati bangunan baru tersebut.
           “Para pedagang ini nanti akan menempati bangunan lantai satu dan dua yang dipriotaskan bagi pedagang pasar kanjengan yang saat ini berada di pasar johar relokasi MAJT,” jelas Fajar. (Bj/El)