Home Lintas Jateng Jepara Peringkat Tiga Penunggak Pajak Kendaraan di Jateng

Jepara Peringkat Tiga Penunggak Pajak Kendaraan di Jateng

image

Jepara, 27/03 (Beritajateng.net)- Kabupaten Jepara termasuk sebagai penunggak pajak kendaraan terbanyak di wilayah Jawa Tengah. Dari 36 kabupaten/kota di Jawa Tengah, Kabupaten Jepara menempati peringkat tiga kabupaten dengan tunggakan pajak kendaraan tertinggi.Tunggakan pajak mencapai Rp. 140 miliyar. Sementara peringkat satu dan dua ditempati Semarang Satu dan Semarang Dua.

Kasi Penindakan Satpol PP Provinsi Jawa Tengah, Siswadi, menyampaikan, jika dihitung jumlah tunggakan pajak kendaraan di Jawa Tengah mencapai Rp. 1 triliun lebih.Meski pajak kendaraan di setorkan pada Pemprov Jateng sebagai pendapatan asli daerah, nantinya uang setoran pajak itu akan dikembalikan ke kabupaten/kota masing-masing.

“Uang setoran pajak itu akan dikembalikan kembali ke kabupaten atau kota, guna pembangunan Jawa Tengah, salah satunya untuk infrastruktur jalan,” ujar Siswadi usai menggelar operasi gabungan di Sub Terminal Cumbring, Mulyoharjo.

Lebih lanjut Siswadi menguraikan, dari hasil operasi yang digelar bersama jajaran Satpol PP Kabupaten Jepara dan Polres Jepara itu, Satpol PP Provinsi Jateng berhasil menindak sejumlah pengemplang pajak kendaraan bermotor. Sementara, hasil dari pembayaran pajak ditempat sebesar Rp. 6,5 juta. 

“Pelanggar yang berhasil ditangkap sebanyak 32, sedangkan yang membayar ditempat ada 21 pelanggar. STNK yang berhasil diamankan sebagai barang bukti ada 18 lembar,” urai Siswadi.

Disampaikan Siswadi, operasi gabungan ini akan digelar di seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah. Pihaknya mentargetkan, tahun ini akan menggelar 26 operasi gabungan. Operasi di Jepara kali ini adalah kali ke tiga. Pekan depan, kegiatan serupa akan dilangsungkan di Wonosobo, Temanggung, dan Semarang.(BJ18)