Home Ekbis Jenis Batu Lavender Di Temukan Di Gunung Bapang Sukoharjo 

Jenis Batu Lavender Di Temukan Di Gunung Bapang Sukoharjo 

lokasi tambang

SUKOHARJO, 28/3 (BeritaJateng.net) – Potensi batu akik di wilayah Solo Raya tersebar di beberapa wilayah. Selain Wonogiri yang sudah terkenal dengan jenis batu  opal firenya, kini di Sukoharjo tepatnya di desa Bulu, ditemukan lokasi penambangan batu mulia berjenis Lavender atau Calsedony

Lokasi penemuan batu tersebut berada di Gunung Bapang dekat Gunung Gajah Mungkur, Ngemplak RT 001/RW 003, Kedungsono, Bulu, Sukoharjo diserbu banyak penambang dadakan yang mencari rejeki penjadi penambang akik. 

Karena takut terjadi hal yang membahayakan bagi keselamatan warga dan berpotensi merusak lingkungan maka petugas dari Polsek Bulu menutup akses jalan menuju lokasi penambangan batu lavender dengan menutupnya menggunakan garis polisi.

Menurut Rusli, warga desa Bulu menyebutkan meski ditutup namun masih banyak warga dari luar desa terutama dari Wonogiri  yang datang untuk menambang batu lavender dengan sembunyi-sembunyi. Mereka datang pagi, pulangnya sore sambil membawa batu dalam karung. 

“Padahal lokasi penambangannya sangat berbahaya, jalannya licin dan juga curam. Letaknya di lereng Gunung Bapang yang jaraknya hanya 1 km dari perkampungan dan masih berupa jalan setapak,” jelas Rusli di Sukoharjo Jawa Tengah (28/3/2015). 

Mereka mengambilnya dengan menggunakan linggis, palu besar, betel dan sebagainya. Batunya berwarna coklat namun jika di terawang warnanya ungu tapi tidak pekat, karena belum diasah. Jika sudah diasah warnanya ungu pekat dan bening. 

Rusli menerangkan lokasi tersebut ditemukan secara tidak sengaja oleh warga desa yang sedang mencari rumput untuk ternaknya. Berita menyebar dengan cepat akhirnya aparat desa dan kepolisian menutup lokasi tersebut karena rentan bahaya longsor. (BJ24)