Home Lintas Jateng Jenazah Korban Hercules Akan Di Makamkan Secara Militer

Jenazah Korban Hercules Akan Di Makamkan Secara Militer

Suroto kerabat korban

Boyolali, 2/7 (BeritaJateng.net) – Salah satu korban jatuhnya pesawat Hercules di Jalan Djamin Ginting Medan, yang merupakan prajurit TNI AU warga Dusun Dilem, RT 1 RW 03 Desa Pojok, Kecamatan Nogosari, Boyolali, Jawa Tengah.

Serka Sutrisno menjadi salah satu korban meninggal akibat jatuhnya pesawat TNI AU di Medan. Korban Serka Sutrisno sehari-harinya bertugas di  Lanud Husein Sastranegara, Bandung.

Setelah jenasah tiba di Jogjakarta, rencananya akan langsung di bawa melalui jalan darat menuju rumah duka di Dusun Dilem, RT 1 RW 03 Desa Pojok, Kecamatan Nogosari, Boyolali, Jawa Tengah.

Suroto, salah satu kerabat korban menjelaskan bahwa Serka Sutrisno yang merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara pasangan Suramto (65) dan Sakinah (57) dikenal dekat dengan orang tuanya.

“Sebelumnya Sutrisno sempat menelpon dan mengabarkan akan berdias ke Riau dan minta restu agar selamat,” jelas Suroto, Kamis (2/7/2015).

Serka Sutrisno sendiri diketahui memiliki isteri bernama Erna yang berasal dari Malang, Jawa Timur. Dan pernikahan Sutrisno dan Erna membuahkan dua orang putri yang saat ini masih balita, yakni Aurel (5) dan si bungsu baru berusia 3 bulan.

Suroto sendiri bercerita bahwa beberapa waktu sebelumnya ayah korban yakni Suramto sempat bermimpi bahwa giginya ada yang tanggal. Namun mimpi itu diabaikan saja.

Dalam mitos Jawa biasanya jika bermimpi ada salah satu giginya yang tanggal, maka akan ada kerabat atau keluarga yang akan meninggal dunia. Namun tidak disangka justru yang meninggal adalah putra bungsunya.

“Ibu dan istri korban shock pingsan sampai beberapa kali,” jelasnya lebih lanjut.

Keluarga besar ungkap Suroto juga berterima kasih kepada TNI AU yang akan memberikan jaminan hidup dan pendidikan anak dari Serka Sutrisno hingga mereka dewasa.

“Bahkan nantinya jika salah satu keturaunan Serka Sutrisno akan meneruskan cita-cita perjuangan ayahnya menjadi prajurit TNI akan mendapatkan prioritas utama,” lanjutnya.

Rencananya jenasah Serka Sutrisno akan di makamkan di pemakaman umum di Dusun Dilem, RT 1 RW 03 Desa Pojok, Kecamatan Nogosari, Boyolali, Jawa Tengah yang hanya  berjarak sekitar 800 meter dari rumah orangtua korban.

“Sebenarnya korban akan di makamkan di taman makam pahlawan karena korban meninggal saat menjalankan tugas. Namun keluarga tetap meminta agar almarhum di makamkan di tanah kelahirannya,” pungkas Suroto.

Dan sebelumnya dimakamkan akan ada upacara militer yakni penyerahan jenazah dari pihak keluarga ke Dinas untuk kemudian di makamkan di desa kelahirannya. (BJ24)