Home Lintas Jateng Jelang Ramadhan, Warga di Blora tetap Gelar Doa Bersama di Makam Umum

Jelang Ramadhan, Warga di Blora tetap Gelar Doa Bersama di Makam Umum

BLORA, 12/4 (Beritajateng.net) – Meski ditengah Pandemi Covid -19, puluhan warga di desa Seso, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Jawa Tengah tetap menggelar doa bersama dan ziarah kubur dimakan umum untuk mendoakan leluhurnya.

Kepala desa Seso Ngatmin, mengatakan dia bersama dimakan umum desa Seso ini baru pertama kali digelar oleh warga. Sebelumnya setiap jelang Ramadan warga hanya bersih bersih makam dan ziarah ke makam leluhur yang sudah meninggal.

“Doa bersama Ini baru yang pertama kita gelar. Nantinya oleh warga akan jadikan tradisi, setiap jelang Ramadan. Kalau sebelumnya warga hanya bersih kubur dan ziarah saja,” ungkap Ngatmin kepada media (Senin, 12/4) sore.

Ide doa bersama ini digagas oleh sejumlah tokoh agama yang ada di desa setempat, yang kemudian muncul untuk dijadikan tradisi tahunan.

Menurut Ngatmin, sebagian besar warga desa menyetujuinya. Karena tujuan diadakan doa bersama ini untuk mendoakan arwah leluhur yang telah meninggal dunia.

Salah satu warga Seso, Sutrimo menyetujui jika doa bersama ini dijadikan tradisi di tahun mendatang.

“Kalau saya pribadi setuju, jika doa bersama ini dijadikan tradisi di tahun yang akan datang. Karena menurut saya kegiatan ini mengingatkan kita bahwa nantinya kita juga akan mati,” katanya. (Her/El)