Home Ekbis Jelang Ramadhan Harga Sembako Merangkak Naik di Pasar Tradisional Semarang

Jelang Ramadhan Harga Sembako Merangkak Naik di Pasar Tradisional Semarang

2015-06-16 13.47.24

Semarang, 16/6 (BeritaJateng.net) – Memasuki bulan Ramadhan, sebagian harga sembako naik, salah satunya di pasar tradisional Gayamsari Semarang, Selasa (16/6). Diantara bahan-bahan yang naik, harga cabe merah yang paling tinggi kenaikannya.

Menurut Aminah, salah satu pedagang di pasar Gayamsari Semarang mengatakan harga cabe merah yang semula Rp 20 ribu per kilogram naik menjadi Rp 32 ribu per kilogram. Untuk harga cabe rawit juga mengalami kenaikan walaupun tidak sebanyak cabe merah, harga yang semula Rp 15 ribu per kilogram menjadi Rp 20 ribu per kilogram.

Bahkan untuk gula pasir sudah mengalami kenaikan jauh sebelum menjelang bulan Ramadhan. “Kalau harga gula pasir juga naik tapi sudah lama, sebelumnya harganya Rp 10 ribu terus jadi Rp 12 ribu per kilogramnya” ujarnya.

Sedangkan untuk harga beras cenderung relatif stabil, begitu pula dengan harga sayuran yang sampai saat ini belum mengalami kenaikan harga. “Untuk beras sementara belum naik, harga-harga sayuran juga masih sama” tambahnya.

Namun diantara bahan-bahan pokok yang sebagian naik, bawang merah dan bawang putih justru mengalami penurunan harga. Menurut Aminah, lanjutnya  harga bawang merah yang semula Rp 30 ribu per kilogram turun menjadi Rp 20 ribu per kilogram. Sedangkan bawang putih yang sebelumnya Rp 18 ribu per kilogram turun menjadi Rp 17 ribu per kilogram.

Lalu, untuk harga ayam potong juga mengalami kenaikan harga. Menurut Iin salah satu penjual ayam potong di pasar Gayamsari mengatakan selisih kenaikannya mencapai Rp 7 ribu. Dari yang semula Rp 25 ribu per kilogram naik menjadi Rp 32 ribu per kilogram. “Pendapatan juga turun mas, karena kalau harga naik masyarakat pasti mengurangi jumlah belanjanya,” jelasnya. (Mg-2)