Home Hukum dan Kriminal Jelang Puasa Ribuan Botol Miras Dimusnahkan

Jelang Puasa Ribuan Botol Miras Dimusnahkan

Kapolres melemparkan botol miras sebagai tanda dimulainya pemusnahan miras yang disita polisi
Kapolres melemparkan botol miras sebagai tanda dimulainya pemusnahan miras yang disita polisi
Kapolres melemparkan botol miras sebagai tanda dimulainya pemusnahan miras yang disita polisi

Kudus, 12/6 (Beritajateng.net)-Menjelang masuk bulan suci Ramadhan dan program 100 hari kepemimpinan Kapolri baru, Polres Kudus memusnahkan ribuan botol minuman keras (miras). Minuman memabukkan tersebut didapat dari operasi selama hampir setahun di wilayah hukum Polres Kudus.

Usai pemusnahan yang dilakukan dengan cara ditumbuk di jalan sekitar Alun Alun Kudus, Kapolres AKBP M Kurniawan menyebutkan, selain miras dari berbagai merk buatan dalam dan luar negeri, juga terdapat puluhan jeriken plastic miras oplosan dan putihan (arak).

”Ini hasil penindakan selama setahun dan hasil razia dalam rangka program 100 hari Kapolri,” jelas AKBP M. Kurniawan, Jumat (12/6).

Agenda tahunan yang dilakukan setiap menjelang bulan puasa ini, lanjutnya, dimaksudkan agar masyarakat bisa menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan nyaman. Walau demikian, jajarannya akan terus melakukan operasi selama bulan puasa maupun setelah lebaran.

”Selain peredaran miras, kita juga akan terus melakukan patroli untuk mencegah kemungkinan adanya gangguan keamanan serta kejahatan dalam bentuk apapun,” tegasnya.

Sementara disinggung soal keberadaan café karaoke yang belakangan menjadi keresahan masyarakat, pihaknya juga berjanji akan melakukan penindakan sesuai aturan yang ada. Menurutnya, café karaoke dan tempat hiburan malam harus tutup dua hari jelang puasa dan ketentuan tersebut harusnya dipatuhi.

”Kalau kedapatan melanggar, tentu kami tindak tegas. Hadi, masyarakat tidak perlu risau atau resah,” imbuh perwira menengah yang sebelum bertugas di Kudus menjabat Kapolres Rembang ini.

Dari pengamatan Beritajateng.net, acara pemusnahan miras sedianya dimulai pukul 08.00. namun, acara akhirnya molor satu jam lebih karena harus menunggu kedatangan Bupati Kudus Musthofa. Acara pemusnahan dimulai setelah Kapolres memecahkan botol miras diantara tumpukan ribuan botol miras lainnya.

Dari daftar yang ada, total miras bermerk yang dimusnahkan mencapai 6.490 botol. Serta enam liter miras oplosan, dan 655 liter miras putihan (arak). (BJ12)