Home Ekbis Jelang Puasa Permintaan Kurma Meningkat Pesat

Jelang Puasa Permintaan Kurma Meningkat Pesat

Pedagang Kurma melayani pembeli, di daerah kawasan Masjid Agung Kauman Semarang.

Semarang, 27/5 (BeritaJateng.net) –  Kehadiran bulan puasa membawa berkah tersendiri bagi pedagang kurma di Kawasan Masjid Agung Semarang (MAS) Kauman Semarang, pasalnya permintaan pembeli makin meningkat tajam.

Dibandingkan hari-hari biasanya, perminataan kurma saat ini mengalami kenaikan 30 hingga 50 persen.

Hal tersebut dirasakan oleh Listia Ambarsari penjual kurma di toko Marwah di Masjid Agung Kauman Semarang. Dirinya mengatakan bahwa menjelang bulan puasa penjualan buah kurma meningkat.

“Jika dibanding hari biasa, jelang puasa permintaan kurma meningkat hampir 50 persen,” katanya.

Menurutnya, permintaan kurma tidak hanya menjelang bulan puasa sampai Idul Fitri permintaan kurma juga meningkat bertepatan bulan-bulan Haji dan Umroh. Sehingga bulan haji dan umrah kurma juga meningkat banyak.

Meski permintaan naik, lanjutnya, harga kurma masih sangat stabil. Diantaranya untuk jenis Kurma Mesir dengan harga Rp 30 ribu sampai Rp 45 ribu perkilogram. Kurma Dubai kisaran harga Rp 50 ribu sampai Rp 55 ribu perkilogram. Dan Kurma Arab Saudi yakni Kurma Ajwa (Kurma Nabi Muhammad SAW) sampai Rp 370 ribu perkilogram.

“Semua harga kurma ini diperkirakan bisa naik kisaran 30 persen saat bulan puasa nanti, Bahkan untuk Kurma Ajwa bisa samapi Rp 400 ribu perkilogram,” katanya.

Kenaikan penjualan juga diamini pedagang lainnya, Elsa. Menurutnya, meski masih beberapa hari lagi, sudah banyak orang yang mulai mencari panganan yang umum dimakan saat berbuka puasa tersebut.

“Naik berapa yah nggak hitung. Tapi sudah mulai banyak orang cari. Pas puasa nanti baru ramai sekali yang cari,” tambah Elsa pedagang kurma di Kawasan Kauman Semarang.(BJ05)