Home News Update Jelang Pilwakot, Panwas Kota Semarang Kukuhkan 48 Panwascam

Jelang Pilwakot, Panwas Kota Semarang Kukuhkan 48 Panwascam

image

Semarang, 5/6 (BeritaJateng.net) – Panitia Pengawas Kota Semarang mengukuhkan sebanyak 48 panitia pengawas kecamatan untuk mengawasi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang 2015.

“Yang krusial dalam waktu dekat adalah pengawalan pada calon independen terkait dukungan,” kata Ketua Panwas Kota Semarang Muhammad Amin usai pelantikan Panwascam di Semarang, Jumat (5/6).

Dukungan yang diberikan masyarakat terhadap calon independen pada pemilihan kepala daerah yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk (KTP) dan surat dukungan, kata dia, tidak boleh ganda.

Ia mengatakan tantangan lainnya yang dihadapi Panwas adalah penghitungan daftar pemilih tetap (DPT) karena bertanggung jawab mengawal penetapan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Harus dipastikan betul datanya. Sebab, beberapa saat saja sudah akan ada warga yang pindah alamat atau meninggal dunia. Ini kan memengaruhi jumlah DPT sehingga harus dikawal terus,” katanya.

Amin mengatakan, jajaran Panwas Kota Semarang akan segera melakukan koordinasi dengan “stake holder” untuk membentuk petugas pengawas lapangan (PPL) dan pengawas tempat pemungutan suara (TPS).

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah Abhan Misbah mengatakan Panwas memiliki tugas yang berat, terutama dalam mengawasi calon “incumbent” atau petahana.

Calon petahana, kata dia, memiliki potensi lebih besar untuk menggunakan fasilitas pemerintahan dalam bersosialisasi sehingga Panwas harus melakukan upaya preventif dengan mengawasinya.

“Tahun ini kampanye kan difasilitasi KPU. Tidak menutup kemungkinan para calon ada yang merasa tidak puas dengan jumlah alat peraga yang sedikit. Panwas harus tegas kalau ada yang melanggar,” tegasnya.

Abhan mengakui para calon bisa saja melakukan segala cara untuk memenangkan diri sehingga Panwas harus memiliki mental yang kuat dan menjaga soliditas menghadapi intervensi yang mungkin terjadi.

Sekretaris Daerah Kota Semarang Adi Trihananto yang juga hadir pada kesempatan itu mengucapkan selamat atas dilantiknya panwascam dan berharap bisa mengawal pelaksanaan pilkada secara baik.

“Tugas panwas memang berat dalam mengawal Pilwakot Semarang 2015. Sebab, panwas juga menentukan baik-buruknya pelaksanaan pesta demokrasi itu. Sebagai panwas harus netral,”pungkasnya. (BJ05)