Home Lintas Jateng Jelang Pendaftaran Perangkat Desa, Dispendukcapil Blora Layani 500 Pemohon Legalisir Setiap Hari

Jelang Pendaftaran Perangkat Desa, Dispendukcapil Blora Layani 500 Pemohon Legalisir Setiap Hari

Jelang Pendaftaran Perangkat Desa, Dispendukcapil Blora Layani 500 Pemohon Legalisir Setiap Hari
           BLORA, 23/1 (BeritaJateng.net) –  Jelang pendaftaran perangkat desa di kabupaten Blora bulan februari mendatang, pemohon legalisir surat keluarga di kantor dispendukcapil membludak. Setiap harinya hampir ada 500 orang yang melakukan legalisir surat – surat seperti akta kelahiran, kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga.
            Saking banyaknya warga yang melakukan legalisir, ruang tunggu kantor dispendukcapil sampai tidak mampu menampung warga. Akibatnya banyak warga yang harus duduk di emperan maupun di sekitar halaman kantor.
         Intan Sulistyowati (27) salah satu pemohon legalisir mengaku melakukan legalisir untuk ikut tes perangkat desa.
          “Ini untuk melengkapi berkas-berkas yang ada, rencananya mau ikut tes perangkat desa,” ungkapnya.
Bahkan, agar mendapat antrian yang tidak lama, ia mengaku  rela datang lebih pagi.
         “Tadi datang jam 6 pagi, ini (siang) baru jadi,” tambahnya.
          Sementara, Kabid pencatatan sipil dispendukcapil kabupaten Blora, Agus listiyono mengatakan, membludaknya antrian legalisir sudah terjadi sejak 2 Minggu yang lalu. Dalam sehari ada sekitar 500 warga yang melakukan legalisir.
          “Ramainya legalisir karena ada penerimaan perangkat desa di kabupaten Blora. Kebanyakan yang dilegalisir adalah KTP, kartu keluarga dan akta kelahiran,” ucapnya.
          Pendaftaran perangkat desa di kabupaten Blora rencananya akan digelar secara serentak pada bulan februari mendatang. Sesuai jadwal, sosialisasi tahapan seleksi calon perangkat desa kepada masyarakat akan dilakukan pada akhir bulan Januari 2018. Pengumuman pendaftaran bakal calon perangkat desa akan dilakukan pada tanggal 2 Februari 2018. Sedangkan pelaksanaan tes tertulis calon perangkat desanya akan dilaksanakan 15 April 2018.
          Saat ini Data Perangkat Desa se Kabupaten Blora sesuai SOTK yang baru mengalami kekosongan jabatan sejumlah 980 dengan rincian 254 Sekdes, 305 Kaur Desa, 175 Kasi Desa, dan 246 Kepala Dusun.
(MN/EL)