Home Nasional Jelang Lebaran, Impor Sapi Australia Meningkat

Jelang Lebaran, Impor Sapi Australia Meningkat

Cilacap, 1/7 (BeritaJateng.net) – Impor sapi asal Australia yang masuk melalui Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap makin meningkat menjelang momen Idul Fitri 1437 H. Peningkatan ini seiring dengan semakin bertambahnya kebutuhan masyarakat akan konsumsi daging pada musim lebaran.

General Manager PT Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Intan Cilacap, Fariz Hariyoso, mengungkapkan, terhitung selama dua pekan ini, ada dua kapal yang dijadwalkan sandar di Pelabuhan Tanjung Intan. Peningkatan kunjungan kapal bermuatan sapi itu sendiri katanya sudah terjadi sejak Mei lalu.

“Namun menjelang lebaran, angkanya semakin bertambah. Pada Juni ini saja tercatat sudah ada 2.045 ekor sapi asal Australia yang dibongkar di Pelabuhan Tanjung Intan” jelas Fariz, Jum’at (1/7).

Menurut Fariz, sapi-sapi tersebut dibongkar dengan menggunakan system gangways yang merupakan tempat melintasnya sapi dari kapal menuju truk angkutan. MV Nine Eagle, kapal berbendera Singapura dengan berat 2.964 Gross Ton (GT), panjang 81 meter, lebar 14 meter dan draft 5,5 meter yang mengangkut sapi Austalia ini bersandar mulus di Dermaga II Tanjung Intan. Selama dua hari kapal dari Australia tersebut selesai membongkar muatan sapinya.

Fariz menyakini, bahkan angka pengiriman sapi dari negeri Kanguru itu masih akan terus meningkat. Apalagi terjadwal akan ada satu kapal lagi yang datang dengan membawa sapi impor asal Australia pada awal Juli besok.

Seluruh sapi yang didatangkan itu kata Fariz, merupakan sapi yang diimpor oleh PT Citra Agro Buana Semesta yang berpusat di Jawa Barat. Dari Pelabuhan Tanjung Intan, sapi-sapi tersebut kemudian didistribusikan ke wilayah Jawa Barat.

Sapi sapi ini akan berada di karantina hewan Cilacap selama 14 hari. Kegiatan di karantina meliputi pengamatan, pengasingan, perlakuan, pengambilan sampel darah kemudian pemeriksaan di laboratorium.

“Setelah dinyatakan sehat oleh Dokter hewan Karantina, maka sapi-sapi tersebut langsung dibawa ke kandang penggemukan di Malangbong, Jawa Barat,” imbuhnya seraya menerangkan, kebijakan impor sapi bakalan telah diatur oleh pemerintah pusat dengan salah satu perusahaan ekspor impor yang ditunjuk adalah PT Citra Agro Buana Semesta.

Data yang ada, hingga pertengahan 2016, aktivitas bongkar sapi di Pelabuhan Tanjung Intan mulai menggeliat. Tercatat total bongkar sapi di Pelabuhan Tanjung Intan periode bulan Januari sampai dengan Juni 2016 sebanyak 7.870 ekor dan semuanya dipasok dari Australia. (BJ33)