Home DPRD Kota Semarang Jelang Lebaran, Dewan Berharap Harga Kebutuhan Pokok Tetap Stabil

Jelang Lebaran, Dewan Berharap Harga Kebutuhan Pokok Tetap Stabil

Sidak kebutuhan pokok.

Semarang, 28/6 (BeritaJateng.net) – Jelang Hari Raya Idul Fitri, Komisi B DPRD Kota Semarang bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Pertanian Kota Semarang melakukan sidak harga kebutuhan pokok (sembako) di Pasar Pedurungan.

Rombongan yang dipimpin oleh Ketua Komisi B DPRD Kota Semarang Mualim tersebut masih menemukan beberapa harga bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional yang dijual dengan harga relative tinggi yakni harga daging ayam, daging sapi, telur dan beras.

Ketua Komisi B DPRD Kota Semarang Mualim mengatakan sidak kali ini dilakukan guna menekan harga kebutuhan pokok yang makin melonjak di pasaran menjelang Lebaran.

Pihaknya berharap komoditas seperti telur, beras serta daging ayam dan sapi yang banyak dicari masyarakat saat lebaran harganya bisa kembali normal agar nantinya masyarakat tidak merasa terbebani dengan harga yang relative tinggi tersebut.

Ditambahkan Mualim, komoditas daging yang kualitas biasa ditemukan harganya mencapai Rp 80 ribu perkilogramnya. Sedangkan untuk kualitas baik saat ini mencapai Rp 120 ribu perkilogramnya.

“Saya harapkan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan dinas pertanian untuk ikut melakukan operasi pasar sehingga harga daging tidak terlalu tinggi. Saya juga meminta kepada para pedagang untuk jangan mengambil untung yang besar,” tandasnya.

Pihaknya juga meminta kepada Dinas Pertanian, Disperindag, BPOM tetap melakukan operasi pasar apalagi menjelang Lebaran ini agar harganya tetap stabil. Selain juga agar kualitasnya tetap terjaga karena masyarakat berbondong-bondong untuk membeli makanan kebutuhan tersebut.

“Kalau perlu, dinas terkait mengawasi kualitas bahan agar nantinya tidak ada barang yang kadaluarsa atau tak layak konsumsi yang beredar dipasaran, serta bisa melihat peralatan yang digunakan seperti timbangan pedagang lebih diperhatikan sehingga jangan sampai kosumen dipermainkan,” tutur Mualim.

Salah satu pedagang Diah, mengatakan, saat ini harga daging ayam potong mencapai Rp 34 ribu, tadinya hanya Rp 32 ribu perkilogramnya. Menurut pedagang harga tersebut mulai naik sejak seminggu kemarin. “Sedangkan untuk jumah stok daging ayam mencukupi dan banyak yang mencarinya,”pungkasnya. (Bj05)