Home Ekbis Jawa Tengah Tegaskan Tolak Import Bawang Merah

Jawa Tengah Tegaskan Tolak Import Bawang Merah

Ilustrasi

Semarang, 26/3 (BeritaJateng.net) – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menolak rencana Kementerian Pertanian membuka jalan impor komoditas bawang merah, karena dapat merugikan para petani dalam negeri.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, importasi bawang merah bisa dilakukan apabila kebutuhan bawang merah di Indonesia sangat minim, namun kondisi saat ini menunjukkan stok tanaman semusim yang berpengaruh terhadap inflasi di Jateng ini dinilai masih cukup banyak.

“Untuk saat ini bawang merah dalam negeri masih memenuhi kebutuhan. Meskipun harganya mencapai Rp. 30ribu namun hal ini tidak dapat menjadi alasan Pemprov untuk mengimpor komoditas ini,” ungkapnya.

Menurutnya, lonjakan harga bawang merah saat ini bukan menjadi persoalan yang cukup signifikan, sebaliknya dengan adanya kenaikan harga bawang merah bisa menguntungkan petani. “Asalkan jangan ada permainan dari pihak tengkulak, naiknya bawang merah kan malah jadi keuntungan petani,” ucapnya.

Ganjar meminta kepada semua pihak yang bersangkutan untuk memberikan data jujur tentang pasokan bawang merah saat ini.

“Jika ada kesalahan data pada kondisi seperti sekarang bisa dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk mencari keuntungan berlimpah, saya menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan produk bawang merah dalam negeri agar bisa menguntungkan para petani,” tutupnya. (BJ05)