Home Lintas Jateng Jateng Selatan Berpotensi Hujan Saat Malam Tahun Baru

Jateng Selatan Berpotensi Hujan Saat Malam Tahun Baru

Ilustrasi

Cilacap, 31/12 (Beritajateng.net) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah Jawa Tengah bagian selatan berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada malam tahun baru.

“Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di Kabupaten Banyumas dan Cilacap bagian utara berpeluang terjadi pada sore hingga malam hari, sedangkan di wilayah pesisir selatan Jateng pada malam hingga pagi hari,” kata Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Rabu.

Selain hujan, kata dia, petir juga masih berpeluang terjadi pada malam tahun baru.

Oleh karena itu, dia mengimbau masyarakat yang hendak merayakan malam pergantian tahun untuk berhati-hati dan tetap waspada karena hujan yang disertai petir masih berpeluang terjadi.

“Saat ini masih ada awan Cumulonimbus yang berpotensi menimbulkan petir,” jelasnya.

Dia mengakui bahwa intensitas hujan di wilayah Jateng selatan dalam beberapa hari terakhir cenderung ringan hingga sedang.

Ia mengatakan bahwa kondisi tersebut berbeda dengan intensitas hujan pada awal hingga pertengahan bulan Desember yang cukup lebat dan di beberapa tempat terjadi hujan ekstrem sehingga mengakibatkan banjir.

Menurut dia, siklon tropis Jangmi di timur Filipina turut memengaruhi kondisi cuaca di Jateng selatan sehingga intensitas hujan yang terjadi cenderung ringan hingga sedang.

“Saat ini di selatan ekuator, yakni di Samudra Hindia timur laut Australia memang telah muncul bibit ‘low pressure’ (daerah pusat tekanan rendah, red.) namun masih sangat jauh untuk jadi badai,” katanya.

Ia memprakirakan pengaruh “low pressure” tersebut baru dapat diketahui dalam beberapa hari ke depan.

Lebih lanjut, Teguh mengatakan bahwa hujan ekstrem masih berpeluang terjadi di beberapa wilayah Jateng selatan pada bulan Januari karena awal musim hujan yang berlangsung mundur.

“Bulan Januari diprakirakan menjadi puncak musim hujan untuk wilayah Cilacap dan Banyumas. Khusus untuk Cilacap, curah hujan rata-rata pada bulan Januari berkisar 300-400 milimeter,” katanya.(ant/Bj02)

Advertisements