Home Ekbis Jateng Perketat Ijin Kapal Penangkap Ikan

Jateng Perketat Ijin Kapal Penangkap Ikan

Kapal Penangkap Ikan. Foto/Ist

Semarang, 6/1 (Beritajateng.net) – Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah akan memperketat pemberian izin operasional kapal-kapal penangkap ikan berbagai ukuran sesuai dengan peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

“Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pemilik kapal penangkap ikan saat mengurus izin operasional,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah Lalu Muhammad Syafriadi di Semarang, Selasa.

Menurut dia, sejumlah persyaratan pengurusan izin yang harus dipenuhi pemilik kapal antara lain, pengajuan proposal usaha kepada Dinas Kelautan dan Perikanan di daerah setempat.

Proposal usaha itu meliputi bentuk usaha yang akan dilakukan, jenis kapal dan alat tangkap yang digunakan untuk menentukan titik operasional yang diperbolehkan.

“Ukuran atau besar kapal dan alat tangkap yang digunakan itu menentukan dimana kapal penangkap ikan itu beroperasi,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa ada 17 surat izin yang harus dipenuhi oleh pemilik kapal, dan tiga diantaranya dikeluarkan Dinlatkan Jateng, sedangkan sisanya menjadi wewenang Dinas Perhubungan, dalam hal ini administrasi pelabuhan.

“Tiga surat izin yang dikeluarkan Dinlatkan Jateng itu adalah surat izin penangkapan ikan, surat izin usaha perikanan, dan surat izin kapal pengangkut,” katanya.

Dengan diperketatnya izin operasional kapal penangkap ikan di Jateng, kata dia, maka diharapkan tidak ada kapal ilegal yang beroperasi seperti yang ada saat ini.

Berdasarkan data dari Dinlatkan Jateng, jumlah kapal penangkap ikan di Jateng tercatat sekitar 25 ribu kapal berbagai ukuran, sedangkan yang terbanyak adalah kapal nelayan di bawah 5 GT.(ant/BJ02)