Home Ekbis Jateng Kembangkan Daerah Khusus Ekonomi Kreatif

Jateng Kembangkan Daerah Khusus Ekonomi Kreatif

image

Semarang, 19/3 (Beritajateng.net) – Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Jawa Tengah mulai menggarap daerah khusus ekonomi kreatif sekaligus potensi destinasi wisata.

“Kami ingin tidak hanya industri besar saja yang tumbuh tetapi juga industri kreatifnya,” kata Kepala BPMD Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko di Semarang, Kamis (19/3).

Menurutnya, beberapa daerah di Jawa Tengah yang difokuskan untuk pengembangan industri kreatif di antaranya Solo, Boyolali, Sragen, Wonogiri, Sukoharjo, dan Klaten.

“Di daerah-daerah ini potensi wisata juga sangat besar, banyak destinasi wisata alami yang belum tereksplorasi secara optimal,” katanya.

Untuk pengembangan tersebut, pihaknya sudah membangun kesepakatan dengan pemerintah daerah setempat. Pihaknya berharap, pemda setempat terus berupaya menampilkan kekayaan alam yaitu destinasi wisata maupun SDM-nya untuk mengembangkan industri kreatif tersebut.

Bahkan, Pemprov Jateng melalui BPMD juga sudah melakukan kerja sama perbatasan dengan sejumlah daerah di Jawa Timur di antaranya Ponorogo, Pacian, Magetan, dan Ngawi.

“Di daerah-daerah tersebut juga memiliki potensi besar untuk pengembangan industri kreatif dan pariwisata, harapan kami mereka juga ikut menyukseskan program Pemerintah,” katanya.

Sujarwanto mengatakan, dipilihnya beberapa daerah tersebut karena kebudayaan yang dimiliki oleh setiap daerahnya cukup banyak dan masyarakatnya juga sangat kreatif.

“Daerah-daerah ini lebih kaya potensi alamnya sehingga punya daya tarik yang bagus, jadi jangan sampai terbebani oleh industri manufaktur skala besar,” katanya.

Mengenai industri skala besar, pihaknya sudah memfasilitasi para investor yang masuk ke Jawa Tengah melalui keberadaan kawasan industri di antaranya di Ungaran, Cilacap, Demak, Kendal, dan Kota Semarang.(ant/BJ)