Home Ekbis Jasa Booking Hotel Online Ancam Agent Retail

Jasa Booking Hotel Online Ancam Agent Retail

wpid-hotel-jasa.jpg

Semarang, 30/7 (BeritaJateng.net) – Agent retail Hotel kini terancam dengan adanya jasa booking kamar via online, karena banyak orang mencari tempat penginapan tanpa harus menghubungi travel agent untuk memesan kamar hotel.

Jasa travel agent online telah memberikan info secara rinci di setiap halaman situs mereka, dari informasi singkat setiap hotel di seluruh kota, ketersediaan kamar kosong, bahkan hingga harga yang ditawarkan pun terbilang cukup bersaing,  mereka dapat memberikan harga lebih murah dari pada langsung pesan di hotel.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Semarang Dedy Sumardi, ia menuturkan sudah sekitar enam bulan terakhir ini, banyak para tamu hotel yang memesan kamar dari travel agent online. Bahkan telah mengambil hampir kuota hingga 50 persen. Sementara travel agent retail hanya dapat 20 persen dan sisanya walk in, telpon, atau via email langsung ke hotel.

“Bagi pihak perhotelan, adanya jasa booking online ini sangat membantu, tapi dapat mengancam travel agent retail. Apalagi beberapa travel agent online seperti Traveloka, Agoda, dan lain sebagainya menawarkan harga yang jauh lebih murah dari travel agent retail. Bahkan sudah ada aplikasinya di smartphone. Hanya dengan keyword Semarang, akan langsung keluar sekitar 80 hotel yang ada di kota Semarang ini,” jelasnya.

Meskipun begitu, booking via online juga punya kelemahan. Jika ada reschedul atau pembatalan pemesanan, prosesnya cukup rumit. Bahkan jika waktunya sudah terlalu mepet, uang yang sudah dibayar akan hangus 100 persen. “Lebih baik memesan di waktu dekat yang sudah pasti. Kalau cancel, uang yang sudah disetor, hangus,” jelasnya.(BJ06)