Home News Update Janjikan 1000 Bibit Pohon, TNI Dukung UNS Jadi Kampus Hijau

Janjikan 1000 Bibit Pohon, TNI Dukung UNS Jadi Kampus Hijau

Ravik Karsidi

SOLO, 15/5 (BeritaJateng.net) – Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prof. Dr. Ravik Karsidi menyambut baik aktualisasi militer masuk kampus. Tujuannya untuk  kepentingan bangsa yang lebih luas, yakni demi kesejahteraan sosial seluruh lapisan masyarakat. Tidak membawa misi politik bagi golongan tertentu namun harus bertujuan mengedepankan kepentingan masyarakat.

Ravik menyampaikan rencananya TNI juga akan mengikuti ajang Pekan Teknologi Nasional yang akan dipusatkan di Kota Solo, dengan memamerkan alutsista dengan teknologi mutakhir.

“Nantinya dalam pameran teknologi se Indonesia pada Pekan Teknologi Nasional mendatang, seluruh hasil teknologi yang dimiliki Indonesia, termasuk dari TNI akan digelar,” jelas Ravik di Rekorat UNS.

Ravik Karsidi menyampaikan Pekan Teknologi Nasional bertujuan untuk membangkitkan semangat generasi muda dalam mengembangkan teknologi yang diperlukan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Jika di kampus UNS gelar pameran alutsista yang dimiiki TNI, akan memicu semangat generasi muda supaya kita mampu menciptakan teknologi sendiri,” papar Ravik.

Salah satunya, jelas Ravik UNS selama ini juga bekerjasama dengan PT Pindad dalam pengembangan  penelitian selongsong roket. Begitu juga kerjasama  dengan Kementerian Pertahanan, berupa pengembangan soft skill, termasuk pendidikan bela negara yang melibatkan para pakar UNS.

Ravik juga menjelaskan pertemuan dengan Komandan Korem 074/Warastratama Surakarta, Kolonel (Inf) Maruli Simanjuntak menyebutkan bahwa Korem Warastratama juga mendukung program penghijauan kampus.

Salah satunya dengan menyumbang 1.000 bibit pohon sekaligus melakukan penanaman, serta menjalin kerjasama peningkatan produksi tanaman pangan untuk mendukung program nasional ketahanan pangan.

Ravik juga menyampaikan pesan dari Komandan Korem 074/Warastratama Surakarta, Kolonel (Inf) Maruli Simanjuntak yang menegaskan TNI hadir ke kampus untuk kesejahteraan sosial bukan kepentingan politik.

“Tujuannya membawa misi untuk meningkatkan produksi pangan, mendukung pelestarian lingkungan dengan penghijauan,” jelas Ravik.

Terkait program penghijauan, Ravik menyatakan Danrem Warastratama berjanji akan sumbangan 1000 batang bibit, untuk mendukun program green campus dan program “One  Student Five Trees”.

Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup juga mendukung program UNS menjadi green campus. Dengan adanya penambahan 1000 pohon, penghijauan bisa dilakukan di luar kampus. (Bj24)