Home Ekbis Jangan Sepelekan Sektor Ekonomi Kreatif

Jangan Sepelekan Sektor Ekonomi Kreatif

Diskusi Publik.Foto/BJ012

SEMARANG,24/12 (Beritajateng.net) – Sektor ekonomi kreatif saat ini muncul bak jamur di musim penghujan. Mereka berusaha secara kreatif dan keberadaannya sebagian besar mandiri tanpa campur tangan dari pemerintah.

“Mereka bisa berkembang dengan baik atas kreatifitas komunitas komunitas atau koloni kecil tanpa bimbingan sedikitpun dari pemerintah,” ungkap Ketua Komisi B DPRD Jateng Chamim Irfani dalam Diskusi Publik Menggeliatkan Industri Kreatif di Jawa Tengah yang berlangsung di Ruang Fraksi PKB, Rabu, (24/12).

Chamim menjelaskan, pada kondisi seperti ini harusnya pihak pihak terkait terutama pemerintah bisa bersama sama membantu memfasilitasi industri semacam ini agar bisa berkembang lebih baik di masa yang akan datang. Apalagi tahun 2015 mendatang diberlakukan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Yang ada saat ini pemerintah ikut campur setelah usaha mereka berkembang. Tapi campur tangan itu dalam bentuk lain seperti menyoal perijinan dan pajaknya. Ini tidak boleh terjadi,” kritik Chamim.

Sementara itu Kasi Telematika Dinas Perindustrian Sigit Wibowo pada kesempatan yang sama mengatakan, pemerintah siap memfasilitasi industri industri kecil yang saat ini berkembang dengan memberikan bimbingan dan bantuan sarana prasara yang dibutuhkan.

Pada diskusi ini hadir dua kelompok industri kreatif yakni Kampoeng Design Kaliabu Salaman Kabupaten Magelang dan Marketing Online Magelang yang sudah berhasil menapakkan bisnisnya ke mancanegara melalui sistem online (BJ012/ss)

Advertisements