Home News Update Jam Kerja PNS Selama Ramadhan Berkurang

Jam Kerja PNS Selama Ramadhan Berkurang

Sekda Pemkab Karanganyar, Samsi.

Karanganyar, 2/6 (BeritaJateng.net) – Selama bulan Ramadhan jam kerja bagi pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Karanganyar berkurang satu jam. Selama Ramadhan jam kerja PNS dimulai 07.45 WIB hingga pukul 15.00 WIB pada Senin-Kamis sedangkan pada Jumat mulai pukul 07.45 WIB hingga 11.15 WIB.

Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar, Samsi menjelaskan selama Ramadhan jam kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Karanganyar, berkurang satu jam dari biasanya.

“Namun pengurangan jam kerja selama Ramadan tidak mengurangi kualitas pelayanan kepada masysarakat,” papar Samsi, Kamis (2/5/2016).

Pengurangan jam kerja selama Ramadhan tujuannya menghormati PNS yang menjalankan ibadah puasa. Agar memiliki waktu lebih untuk menjalankan ibadahnya.

Selain itu perubahan jam kerja juga sesuai dengan Surat Edaran (SE) tentang pengaturan cuti tahunan dan keperluan nyadran.

Pemkab juga memberikan keleluasaan PNS yang ingin cuti nyadran. Namun sesuai aturan dari Pemkab Karanganyar dimana Cuti dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama pada Jumat (27/5) dan Senin (30/5), kelompok dua pada Selasa (31/5) dan Rabu (1/6), dan kelompok tiga pada Kamis (2/6) dan Jumat (3/6).

“Jika PNS mengambil cuti nyadran pastinya akan mengurangi jatah cuti tahunannya,” papar Samsi.

Sementara itu Kepala BKD Siswanto menjelaskan perubahan jam kerja tersebut mulai berlaku sejak hari pertama Ramadan sampai hari terakhir masuk menjelang Lebaran.

“Aktifitas bekerja tetap sama namun agak sedikit berkurang. Namun tim BKD tetap melakukan inspeksi mendadak dan mengawasi kerja PNS melalui pimpinan satkernya,” jelasnya.

PNS yang biasanya bekerja selama 7,5 jam per hari, selam Ramadan menjadi 6,5 jam per hari. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar sudah mengedarkan surat yang ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar. Surat tentang pengaturan cuti tahunan keperluan nyadran dan penetapan jam kerja bulan Ramadan tahun 2016. (Bj24).