Home Ekbis Jalur KA Tawang-Tanjung Mas Masuki Maping Data

Jalur KA Tawang-Tanjung Mas Masuki Maping Data

Jalur Kereta

Semarang,23/3 (BeritaJateng.net) –
Pembangunan jalur KA dari stasiun Tawang menuju Pelabuhan Tanjung Mas masuki tahap maping data. Jalur KA sepanjang 2,8 km ini akan melalui empat desa di kelurahan Tanjung Mas Semarang, diantaranya perkampungan Polsuska, Soponyono, Sidodadi dan Kebonharjo.

Suprapto, Humas PT. KAI Daop IV mengatakan bahwa maping masih dalam tahap awal, akan dilakukan selama tiga hari dikarenakan luasnya lahan yang berada di empat perkampungan.

“Dari data maping sampai saat ini belum fix dikarenakan ada beberapa verifikasi data seperti jumlah KK, luasan daerah, dan jumlah uang ganti bongkar,” ujar Suprapto, Senin (23/3).

Menurut Suprapto, tahun ini PT. KAI pada tahap pertama telah membebaskan lahan yang digunakan Peti kemas atau Dry Port, yang berukuran sekitar 5 hektar di kelurahan Tanjung mas.

“Dengan adanya pembangunan rel menuju pelabuhan sepanjang 2,8 km akan mengurangi beban jalan raya khususnya angkutan khusus barang dan lebih hemat waktu dan biaya sekitar 30 persen,” jelasnya.

Untuk pengerjaan proyek tersebut, PT.KAI bekerja sana dengan Dirjen Perhubungan, Dirjen Kelautan, Pelindo III dan Provinsi Jateng.(BJ06)