Home News Update Jalan Salib Dengan Balutan Adat Jawa

Jalan Salib Dengan Balutan Adat Jawa

image

Semarang, 3/4 (Beritajateng.net)-Rangkaian ibadah Umat katolik jemaat Gereja Santo Anthanasius Agung atau lebih di kenal Gereja Karangpanas yang berada di jalan dokter Wahidin, Kaliwiru Semarang dalam Perayaan Paskah menjalani prosesi Jalan Salib.Prosesi Jalan Salib dengan nuansa adat Jawa.

Menurut Pastur Gereja Karangpanas  Antonius Dodit Haryono prosesi ini mengingatkan kembali penderitaan Yesus mati di Kayu salib untuk menebus dosa dan menyelamatkan umat manusia.” “Jalan salib adalah pengorbanan untuk menebus dosa manusia. Dengan mengikuti jalan salib Yesus, diharapkan untuk siap menderita. Penderitaan itu bukan kekalahan tapi awal kemenangan,” ujarnya.

Dengan mengunakan pakaian jawa memaknai sebagai orang jawa mempunyai tantangan salip di kehidupan sehari-hari ungkap Romo  Antonius Dodit Haryono. Dalam prosesi jalan salib ada 14 titik pemberhentian Yesus Kristus.

Setiap titik umat Katolik bersimpuh sambil memuji Yesus Kristus.Setiap pemberhentian menceritakan penderitaan Yesus dari proses pengadilan hingga kebangkitannya untuk menebus dosa manusia.Setiap titik pemberhentian memiliki makna dan teladan untuk diikuti oleh umat. (BJ15)