Home Lintas Jateng Jalan Penghubung Dua Desa di Klaten Longsor

Jalan Penghubung Dua Desa di Klaten Longsor

jalan longsorKlaten,16/2 (Beritajateng.net) – Intensitas hujan yang dalam beberapa hari terakhir cukup tinggi mengakibatkan jalan penghubung antara dua desa di wilayah Klaten yakni desa Tegalmuyo dan Sidorejo longsor.

Kepala Desa Sidorejo, Jemakir menyebutkan, akibat jalan longsor, Jalan yang longsor di karenakan derasnya air yang mengalir dari sekitar bukit.

Jemakir menjelaskan jalan  penghubung dua desa yang longsor itu lebarnya  kurang lebih 10 Meter dan tingginya sekitar 15 meter.

Untuk sementara kendaraan roda empat yang akan melewati jalan tersebut dibatasi. Ditakutkan jika banyak dilewati banyak kendaraan roda empat akan berakibat terjadinya longsor susulan.”Saya sudah melapor pada BPBD Klaten dan meminta bantuan berupa bronjong kawat dan karung sak,” terangnya lebih lanjut.

Jemakir juga meminta bantuan logistik dan tenaga sukarela dari relawan dan TNI untuk bergotong royong membuat penahan sementara agar longsor tidak terus terjadi.

Sementara itu  Kepala Pelaksana BPBD Klaten Sri Winoto, mengaku, sudah mendapatkan laporan bahkan sudah mengecek ke lokasi. Dan saat  ini sedang  menghitung dampak dan kerugiannya serta langkah-langkah yang akan ditempuh.

“Jalur tersebut sangat vital karena keberadaanya menghubungkan dua desa. Jadi perlu penanganan cepat,” tegasnya.

Pihak BPBD sendiri sudah menyiapkan bronjong kawat,karung serta Logistik untuk penahan sementara agar longsor tidak terus terjadi.(bj24)