Home Lintas Jateng Jalan Lingkar Sumpiuh Siap Dioperasikan

Jalan Lingkar Sumpiuh Siap Dioperasikan

— Diprediksi Kurangi Kemacetan Sampai 30 Persen

Banyumas, 5/6 (BeritaJateng.net) – Jalan lingkar Sumpiuh Banyumas dipastikan akan mulai dioperasikan pada angkutan Lebaran tahun ini. Diprediksi pengoperasian jalur ini akan mampu menekan kemacetan kendaraan hingga 30 persen dalam arus mudik mendatang.

“Kalau biasanya kendaran yang melintas di Sumpiuh kecematannya antara 5 – 10 kilometer per jam, maka dengan pengoperasian jalan lingkar ini, diprediksi kendaraan bisa melintas dengan kecepatan 30 – 40 kilometer per jam. Dengan demikian, kemacetan kendaraan juga akan berkurang, minimal sampai 30 persen,” kata Kapolres Banyumas, AKBP Gidion Arif Setyawan, Minggu (5/6).

Sekarang ini, tinggal dilakukan persiapan akhir, yaitu pemasangan rambu pengatur lalu-lintas. Menurut Gidion, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti Dinhubkominfo dan lainnya tentang kesiapan pengoperasian jalur lingkar Sumpiuh ini.

Seperti arus mudik tahun-tahun sebelumnya, titik kemacetan akan memanjang di wilayah Banyumas barat dan Banyumas timur. Namun, dengan dibukanya jalur lingkar Sumpiuh ini, dipastikan jalur di Banyumas timur akan lebih lancar.

“Kalau untuk wilayah bagian barat, sudah bisa dipastikan, kemacetan di Kecamatan Pekuncen yang merupakan pintu masuk ke wilayah Banyumas bagian barat. Kemudian Ajibarang dan Wangon. Nantinya pengendara mobil-mobil pribadi akan kita arahkan untuk melalui jalur alternatif, “ jelas Gidion.

Sementara itu, untuk arus kendaraan yang melintas di wilayah Banyumas diprediksi akan mengalami peningkatan. Kapolres memprediksi, untuk pemudik dengan sepeda motor diprediksi menigkat sampai 100 persen yang akan melintas di wilayah Banyumas. Dan untuk angkutan umum diprediksi meningkat hingga 30 persen.

“Tetapi libur puasa dan Lebaran tahun ini lebih panjang, sehingga kita berharap masyarakat bisa memilih hari yang tepat untuk mudik, tidak terlalu mepet, sehingga pemudik tidak membludak pada hari yang sama,” tuturnya. (BJ33)