Home Lintas Jateng Jalan Jolotundo Bakal Diberi Pohon Peneduh dan Street Furniture

Jalan Jolotundo Bakal Diberi Pohon Peneduh dan Street Furniture

Semarang, 1/10 (BeritaJateng.net) – Sepanjang jalan Jolotundo bakal diberi pohon peneduh dan hiasan jalan atau ‘jalan hijau’. Pembangunan jalan hijau Jolotundo dipastikan akan rampung pada pekan depan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Bina Marga Iswar Aminuddin di Balaikota, Jumat (30/9). “Gunanya selain untuk peneduh juga dapat sebagai pelepas stress bagi pengguna jalan yang melintas di jalan tersebut,” terangnya.

Dijelaskan, jalan ini selain ditanam pohon juga akan dibuat berbagai hiasan yang menambah nilai estetis. Pasalnya, sebuah jalan biasanya hanya dilengkapi dengan pohon dan trotoar di samping kanan dan kiri.

Dengan adanya hiasan, ia berharap jalan ini akan memberikan fungsi psikologis bagi siapa saja yang melintasinya. Terlebih di salah satu titik akan disediakan tempat duduk untuk bersantai dengan latar belakang Menara Amaul Husna di MAJT.

“Jadi konsep jalan sudah berubah tidak saja sebagai penghubung namun juga harus dapat memberikan fungsi psikologis, refreshing dan aman dan nyaman bagi penggunanya,” tukasnya.

Iswar menambahkan, pembuatan jalan hijau Jolotundo merupakan desakan dari Kementrian Pekerjaan Umum. Nantinya, hasilnya akan dilombakan dari 10 peserta jalan hijau lainnya di Indonesia.

Adapun dana yang digunakan diambil dari anggaran swa kelola (Operational Maintenance) dengan nilai total di APBD 2016 sebesar Rp5 miliar. “Tapi tidak kita gunakan semua, hanya sedikit. Detilnya berapa saya kurang paham,” tuturnya.

Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang Kadarlusman menyambut baik kehadiran jalan hijau ini. menurutnya, Semarang memang sudah memiliki jalur hijau namun belum memiliki jalan hijau.

“Kalau kita melintas di Kampung Kali yang merupakan jalaur hijau, rasanya adem. Namun kesannya tidak indah, kurang estetis karena tidak ada hiasan di jalanan. Semoga program jalan hijau Jolotundo dapat memberikan efek nyaman dan mampu melepaskan stress para pengguna jalan,” pungkasnya. (Bj05)

Advertisements