Home News Update Jalan Estafet Tunas Kelapa, Ratusan Pramuka Lewati Etape Sejauh 5 KM

Jalan Estafet Tunas Kelapa, Ratusan Pramuka Lewati Etape Sejauh 5 KM

Camat Banyumanik, selaku Mabiran menyerahkan tunas kelapa kepada kwartir ranting Banyumanik/ foto Istimewa.

Semarang, 19/11 (BeritaJateng.net) – Sekitar 700 anggota pramuka dari kwartir ranting (Kwaran) Banyumanik, melakukan kegiatan Jalan Estafet Tunas Kelapa sejauh lima etape. Tiap etape dilakukan secara beranting atau estafet dengan jarak kurang lebih lima kilometer.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak Jumat (18/11) pagi hingga sore hari, berupa jalan kaki sepasukan pramuka dengan membawa berbagai stribut seperti, berbagai atribut seperti bendera merah putih, bendera pramuka dan tunas kelapa.

Para pramuka mengawali jalan estafet ini, dari SMA Negeri 9 menuju SMA Negeri 4 Semarang dilanjut dari SMA 4 menuju SD Srondol Wetan 03. Dari SD Srondol Wetan 03 lalu dilanjut ke SMP Negeri 12 Semarang. Setelah itu menuju ke taman Tirto Agung Banyumanik, dan berakhir di kantor Kecamatan Banyumanik.

Meskipun hujan, namun tidak menyurutkan semangat para peserta estafet tunas kelapa, untuk terus berjalan hingga finish.

Dengan mengangkat tema “Mantapkan pembentukan karakter kaum muda dengan estafet tunas kelapa” di tahun ini, Ketua Kwaran Banyumanik, Heni Tri Yuliastuti mengatakan, diharapkan generasi muda saat ini mampu menggantikan kiprah tunas-tunas sebelumnya untuk menuju yang lebih baik lagi.

“Untuk itu sedari muda, generasi ini harus dididik sedini mungkin. Dengan membentuk watak dan karakternya, sehingga di masa depan bisa menjadi pemimpin yang lebih berkarakter,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Banyumanik selaku Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Kukuh Sudarmanto berharap estafet tunas kelapa ini dapat dijadikan simbol dan pedoman bagi para pramuka dalam rangka mengisi pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Bj)