Home News Update Jaga Kesuburan Tanah, KKNT Surakarta Gelar Penyuluhan Pertanian Organik

Jaga Kesuburan Tanah, KKNT Surakarta Gelar Penyuluhan Pertanian Organik

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Boyolali, 4/7 (BeritaJateng.net) – Pertanian secara organik dinilai penting terlebih bagi kelangsungan pertanian, menjaga kesuburan tanah dan kelestarian lingkungan. Hal ini di ungkapkan Aktivis Pertanian Organik Indonesia, Untung Tri Martono saat Kegiatan seminar dan penyuluhan pertanian organik.

Seminar dan penyuluhan yang diselenggarakan oleh tim KKNT IAIN Surakarta Kec.Klego Bekerjasama dengan Pergerakan Aktivis Pertanian Organik Indonesia (PAKTANI) di Kantor Desa Banyu Urip, Kecamatan Klego, Kab. Boyolali ini dihadiri oleh perwakilan GAPOKTAN atau gabungan kelompok tani desa se-kecamatan Klego, Perwakilan Dari Polres Dan Kodim Boyolali Juga ikut mendampingi.

Seminar dan penyuluhan ini mengulas pentingnya penggunaan pupuk organik, manfaat pupuk organik bagi kesuburan tanah, cara membuat penanganan hama sendiri secara organik yang diharapkan dapat membantu permasalahan pengadaan pupuk dan keterbatasan penggunaan pupuk karena harga yang mahal. dilanjutkan pendampingan pertanian organik sampai lahan pertanian selama masa KKNT mahasiswa IAIN Surakarta.

Menurut Untung, pupuk yang digunakan oleh petani selama ini, lebih banyak menggunakan pupuk kimia yang cenderung jika diterapkan akan mengakibatkan kerusakan pada lahan pertanian dan lingkungan.

“Oleh karena itu dengan adanya pupuk organik akan sangat membantu dalam pertanian yang berkelanjutan dan ¬†tetap menjaga kesuburan lahan dan kelestarian lingkungan,” ujar Untung.

Selain itu, lanjutnya, petani pun dapat membuat sendiri penanganan hama dan pupuk organik tanpa harus dibebankan dengan harga dan keterbatasan penggunaan pupuk yang akan digunakan oleh petani. “Tim dari PAKTANI siap mendampingi sampai lahan pertanian,” tegas Untung yang juga merupakan Ketua Umum Pergerakan Aktivis Pertanian Organik Indonesia (PAKTANI).