Home Lintas Jateng Ita: Harusnya MOS Diisi Kegiatan Bersih Lingkungan Daripada Perploncoan

Ita: Harusnya MOS Diisi Kegiatan Bersih Lingkungan Daripada Perploncoan

Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu melakukan Gerakan Bersih Pantai dan Laut di Muara sungai Tambak lorok.

Semarang, 27/5 (BeritaJateng.net) – Wakil walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menekankan perlunya menanamkan karakter dan sikap peduli lingkungan dan kebersihan kepada pelajar di kota Semarang. Ita sapaan akrabnya mengusulkan kepada Disdik kota Semarang agar mengisi Masa Orientasi Siswa (Mos) dengan bersih pantai maupun bersih-bersih lingkungan daripada melakukan peploncoan.

Hal itu disampaikan Ita usai melakukan Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL) yang digelar Dinas Kelautan dan Perikanan kota Semarang di Muara sungai Tambakrejo, kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Jumat (27/5).

Menurutnya, selama ini kegiatan bersih pantai maupun bersih lingkungan hanya dilakukan oleh komunitas dan kelompok pecinta lingkungan, mahasiswa, masyarakat sekitar dan SKPD saja, namun tidak melibatkan pelajar.

“Harusnya kegiatan bersih lingkungan bisa dilakukan serentak dengan melibatkan pelajar dan sekolah-sekolah. Bahkan kalau perlu, Dinas Pendidikan bisa mengganti MOS yang sifatnya perploncoan dengan kegiatan peduli lingkungan yang menekankan aspek kebersihan lingkungan,” papar Ita.

Sampah menumpuk di bibir pantai Tambak lorok, Dinas Kelautan dan Perikanan membersihkan sampah yang ada.
Sampah menumpuk di bibir pantai Tambak lorok, Dinas Kelautan dan Perikanan membersihkan sampah yang ada.

Hal ini, menurut Ita, agar generasi penerus bangsa yang duduk di bangku Sekolah Dasar hingga SMA merasa memiliki bahkan mencintai lingkungannya. “Kesadaran untuk cinta kebersihan harus ditanamkan sejak dini selain dari keluarga juga dari dibangku pendidikan,” terangnya. (Bj05)