Home Headline Irwan Hidayat Jadikan Enceng Gondok Sebagai Sumber Energi

Irwan Hidayat Jadikan Enceng Gondok Sebagai Sumber Energi

TanamanEnceng Gondok di Rawa Pening. Foto: Istimewa

SEMARANG, 19/12 (BeritaJateng.Net) – Inovasi terbaru di bidang energi ditemukan oleh Presiden Direktur Industri Jamu Sido Muncul Irwan Hidayat.  Bos Jamu Herbal ini menemukan  terobosan baru menjadikan Enceng Gondok menjadi briket berbentuk Pallet dan digunakan sebagai bahan bakar menggantikan minyak maupun gas.

Ide Irwan Hidayat ini bermula dari keprihatinannya melihat tanaman yang tumbuh liar dan selama ini sulit diberantas bahkan sudah menutup sebagian besar permukaan air di Rawa Pening yang terletak di KecamatanTuntang Kabupaten Semarang.

“Saya tujuh hari tujuh malam tidak tidur kepikiran mau diapakan enceng gondok tersebut agar memiliki nilai jual tinggi dan bisa bermanfaat tidak sekedar menjadi tanaman pengganggu di Rawa Pening ini,” ungkapnya dalam acara Pencanangan Pembangunan Pariwisata Dengan Menyelamatkan Sumber Daya Air, bertempat di Aula Agro Wisata Pabrik Jamu Sido Muncul, Bergas Kabupaten Semarang, Senin (19/12).

Temuan yang diperoleh melalui penelitian cukup panjang oleh Sido Muncul ini, jelas Irwan Hidayat, sudah berhasil diujicobakan sebagai bahan bakar utama selain gas untuk mengolah bahan bahan herbal menjadi jamu yang diproduksi pihaknya.

“Sido Muncul saat ini menggunakan bahan bakar olahan dari limbah jamu sebanyak 50 persen dan sisanya menggunakan gas,” jelasnya.

Menurut Irwan, keberadaan enceng gondok di Rawa Pening selama ini sangat meresahkan masyarakat mengingat setiap kali dibersihkan selalu saja tumbuh lagi. Belum lagi problematika lain seperti dibuang dimana juga membuat repot masyarakat dan pemerintah daerah.

“Upaya ini diharapkan dapat mengurangi dan membersihkan enceng gondok sesuai target yang diinginkan sampai Rawa Pening bersih dari tumbuhan gulma ini,” katanya.

Dengan bersihnya Rawa Penig dari Enceng Gondok diharapkan industri pariwisata di danau bersejarah yang terkenal dengan cerita Baru Klinthing ini bisa tumbuh maju dan imbasnya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitarnya. Disamping itu juga sangat bermanfaat dalam bidang pertanian dan ketersediaan air bersih yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Upaya yang dilakukan Irwan Hidayat bersama Industri Jamu Sido Muncul ini mendapat apresiasi yang sangat positif dari Kementrian Pariwisata Indonesia, kalangan Anggota DPR RI, Gubernur Jawa Tengah serta jajaran Pemkab dan Pemkot Semarang yang hadir dalam acara pencanangan tersebut.

(NK)