Home Ekbis Investasi Pembangunan Tentrem Hotel, Mall dan Apartement Capai Rp. 1 Triliun

Investasi Pembangunan Tentrem Hotel, Mall dan Apartement Capai Rp. 1 Triliun

Irwan Hidayat menunjukkan desain Tentrem Mall, Hotel dan Apartement Semarang.

 

Semarang, 29/5 (BeritaJateng.net) – Direktur Utama PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat mengatakan investasi jangan melihat kondisi sekarang, tetapi kondisi yang akan datang.

“Jangan berpikir persaingan sekarang bakal kian ketat, tetapi yang akan datang bagaimana? Pangsa pasar akan terus bertumbuh,” katanya, saat peletakan batu pertama Hotel Tentrem Semarang, Jumat.

Sebagaimana diketahui, keluarga besar pemilik PT Sido Muncul juga memperluas jaringan bisnisnya hingga restoran dan perhotelan, seperti Hotel Tentrem di Yogyakarta, disusul di Semarang.

Irwan mencontohkan pemilihan investasi di Semarang dengan membangun Hotel Tentrem yang tidak dilakukan secara asal, melainkan dengan pertimbangan bisnis yang matang dan peluang ke depan.

“Investasi ini senilai Rp1 triliun. Tidak asal karena punya duit, tetapi pertimbangan bisnis. Tiga tahun lagi, hotel-hotel di Semarang tidak akan cukup menampung wisatawan,” katanya.

Kota Semarang pada 3-4 tahun ke depan, lanjut dia, tidak akan sama seperti sekarang seiring dengan kian pesatnya akses penghubung antarwilayah yang memudahkan orang untuk datang berkunjung.

“Makanya, Semarang harus mempersiapkan diri didatangi semakin banyak turis. Sekarang saja, Semarang sudah terhubung dengan Singapura, apalagi Surabaya, dan kota-kota besar lainnya,” katanya.

Peletakan batu pertama ditandai dengan simbolis memencet tombol yang dilakukan oleh Ibu Desy Sulistyo, Irwan Hidayat, Gubernur Jateng, Walikota Semarang, Panglima TNI, Kapolda Jateng, dan Pangdam IV/Diponegoro.
Peletakan batu pertama ditandai dengan simbolis memencet tombol yang dilakukan oleh Ibu Desy Sulistyo, Irwan Hidayat, Gubernur Jateng, Walikota Semarang, Panglima TNI, Kapolda Jateng, dan Pangdam IV/Diponegoro.

Hotel Tentrem Semarang, kata dia, nantinya akan dilengkapi dengan mal dan apartemen yang dibangun di atas lahan seluas 8.400 meter persegi dengan luas bangunan sekitar 85.000 meter persegi.

“Ada dua tower, yakni tower hotel dan apartemen dengan tinggi 18 lantai dan empat ‘basement’. Ada yang bilang malnya ‘kemewahan’ (terlalu mewah, red.). Untuk ukuran 2020 tidak ‘kemewahan’,” kata Irwan.

Gubernur Jawa Tengah menyambut gembira kehadiran Hotel Tentrem di Semarang seiring dengan upaya pemerintah daerah menggaet semakin banyak wisatawan untuk datang, khususnya di Kota Semarang.

“Semarang ini punya Kota Lama. (Kota Lama, red.) Di Singapura yang cuma tiga gedung saja ramai. Malaysia cuma satu stasiun tua juga banyak yang datang. Apalagi, Kota Lama Semarang,” katanya.

Senada dengan itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengapresiasi semakin banyak investor yang menanamkan investasi besar di Semarang, seperti Hotel Tentrem yang nilai investasinya Rp1 triliun.

“Ada pengusaha yang mau investasi sampai Rp1 triliun. Ini luar biasa. Tugas kami, bagaimana melayani dari sisi perizinan. Infastruktur akan dibenahi agar Semarang kian nyaman dikunjungi,” pungkasnya. (Bj05)