Home Lintas Jateng Inilah Lokasi Dzikir Keraton Solo

Inilah Lokasi Dzikir Keraton Solo

gusti Puger

SOLO, 20/6 (BeritaJateng.net) – Wakil Kraton Surakarta  Kangjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Puger, kembali akan mempererat ukhuwah Islamiyah, antara pihaknya dengan para pemuka agama Islam seperti sebelumnya. Di mana Kraton Surakarta sejak dulu sudah sangat peduli dengan  perkembangan agama Islam. 

“Baik itu  secara peradaban, maupun sosial budaya. Karenaa Kraton Solo sendiri juga merupakan salah satu kerajaan Islam,” jelasnya kepada beritajateng.net, belum lama ini. 

Sebab itulah lanjut Gusti Puger, dirinya sudah meminta beberapa tokoh untuk membantu memajukan kembali Islam di Keraton Surakarta, sesuai prinsip ajaran Islam yang bersifat rahmatan lil’alamin.  

“Kraton Solo memiliki banyak sekali menyimpan keilmuan Islam. Dan kita berkeinginan untuk kembali menjadikan Keraton Surakarta, sebagai pusat kajian keislaman, dan dakwah syiar,” lanjut Puger. 

Diantaranya dengan mendirikan lokasi untuk berdzikir di yang berada di daerah perbukitan yang berhawa dingin dan sejuk yang terletak di lereng gunung Lawu tepatnya desa  Bandardawung, Tawangmangu. 

Dimana di lokasi tersebut di percaya sebagai makam salah satu leluhur Kraton Surakarta yakni makam Sunan Lawu dan juga ada bangunan masjid kuno dimana masyarakat menyebutnya masjid tiban yang merupakan peninggalan tokoh agama Islam  Syech Maulana Maghribi. 

“Bersama dengan Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya, kita resmikan Bukit Dzikir Jabalkanil, Minggu (14/6/2015) lalu.  Kita akan gunakan lokasi tersebut untuk kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat,” terang Puger. 

Puger juga menjelaskan alasan pemilihan lokasi di perbukitan agar masyarakat bisa berdzikir dengan tenang, bermunajad kepada Allah SWT dengan khusyu’. (BJ24)