Home Kesehatan Ini Tahapan Pengenalan Pendidikan Seks pada Anak

Ini Tahapan Pengenalan Pendidikan Seks pada Anak

Ilustrasi

JAKARTA, 20/4 (BeritaJateng.net) – Masalah pendidikan seks bukannya didapatkan setelah dewasa, tapi sudah mulai dikenalkan dari usia sejak kecil.

Kadang kala banyak orangtuayang merasa bingung bagaimana memulai memberikan pendidikan seks kepada anak. Kapan waktu yang tepat, bagaimana caranya, siapa yang berkewaibab melakukannya?

Seks bukan lah hal yang tabu untuk dikenalkan kepada anak. Seks adalah perbedaan tubuh laku-laki dan perempuan.

Untuk menjawab masalah tersebut, dokter ginekologi dr. H. Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS dan dr. Sonia Wibisono berkolaborasi menulis buku berjudul Adik Bayi Datang Dari Mana?  A-Z Pendidikan seks usia dini. Buku setebal 73 halaman yang diterbitkan oleh Mizan itu diluncurkan di Hotel Grand Mahakam.

Berikut tahapan-tahapan tentang pendidikan seks:

Pendidikan seks bisa dikenalkan sejak lahir. Mintalah izin kepada si kecil ketika membuka baju atau mengganti popok. Biasakan juga untuk mengganti bajunya di ruangan yang tertutup.

Meski anak masih Bayi dan belum bisa merespon Anda, melalui kebiasaan sederhana ini, dia belajar untuk menghargai tubuhnya sendiri dan orang lain. Kemudian ajarkan dia merawat dan membersihkankelaminya, setelah buang air kecil dan bauang air besar.Saat beranja balita, kenalkan berbedaan antara laki-laki dan perempuan.

Mulai dari contoh terdekat. Mialnya, Ayah adalah laki-laki, Bunda adalah perempuan. Lalu terangkan perbedaan organ tubuh antara ayah dan bunda. Juga tanamankan moral dan kesopanan sesuai nilai-nilai agama. Jelaskan tentang aturan underwear dan cara melindungi diri dari orang asing.

Menjelang pupertas, kenalkan kepada anak tentang tanda-tanda pubertas dan bagaimana menghadapaimmya jika dia mengalaminya. Beri dia rambu-rambu yang jelas dalam bergaul dengan lawan jenis. Terangkan dengan jelas dan singkat dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami anak sesuai dengan kemampuan berpikirnya. (BJ)